Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Secara Alami

Ketika mengalami hidung tersumbat tentu rasanya sangat tidak mengenakan. Sebab, selain membuat kamu sulit bernafas, hidung tersumbat juga bisa menimbulkan rasa pening pada kepala yang sangat mengganggu. Ditambah lagi hal tersebut juga mempengaruhi tenggorokkan dan membuat suara terdengar lucu. Oleh karena itu kamu harus segera mencari cara mengatasi hidung tersumbat agar tidak semakin parah.

5 cara mengatasi hidung tersumbat tanpa obat

Hidung terseumbat tidak selalu disebabkan oleh adanya ingus di dalam hidung. Hidung tersumbat juga bisa disebabkan karena pembuluh darah di sinus mengalami peradangan. Tidak selalu harus menggunakan apotik, kamu juga dapat mengatasi masalah hidung tersumbat secara alami. Berikut ini diantaranya:

  1. Mandi dengan air hangat

Cara pertama untuk mengatasimasalah hidung tersumbat adalah dengan mendi menggunakan air hangat. Uap yang berasal dari kucuran air hangat bermanfaat untuk menipiskan lendir yang terdapat di dalam rongga hidung. Dengan begitu rasa hidung tersumbat pelan-pelan akan hilang dan membuat pernafasan kamu kembali normal.

  • Memasang humidifier atau pelembab udara

Selain mandi air hangat, untuk menghasilkan uang kamu juga dpat memasang pelembab udara atau humidifier. Ini merupakan trik mengatasi hidung tersumbat yang paling umum dilakukan. Humidifer akan mengubah air menjadi uap yang akan melembabkan udara di ruangan.

Menghirup udara lembab secara intens memberikan rasa menenangkan pada pembuluh dan jaringan darah yang bengkak. Alata tersebut juga mengurangi jumlah lendir di area hidung yang membuat pernafasan kembali normal.

  • Menghirup uap bawang putih

Salah satu bumbu dapur ini dipercaya memiliki kandungan antibakteri dan antijamur yang bermanfaat. Salah satu diantaranya sebagai salah satu cara mengatasi hidung tersumbat secara alami.

Cara mengobatii hidung tersumbat denngan menggunakan bawang putih adalah potong bawang putih menjadi beberapa bagian kecil. Selanjutnya letakkan ke dalam wadah yang telah diisi air kemudian panaskan. Setelah air mendidih kemudian hirup aroma serta uap air yang timbul dari bawang putih tersebut.

  • Minum teh peppermint

Kammu juga dapat mengatasi masalah hidung tersumbat dengan meminum secangkir teh peppermint. Pepermint memiliki kandungan utama mentol, yaitudekongestan https://slotjokerliga365.com alami yang telah dipercaya sejak dahulu untuk menngatasi hidung tersumbat. Namun sebaiknya teh peppermint dikonsumsi dalam keadaan hangat.

Seduh teh peppermint kering sebanyak satu sendok ke dalam cangkir atau gelas. Kemudian panaskan air hingga mendidih, setelah itu tuang air kedalam gelas lalu aduk. Teh peppermint sudah siap diminum.

  • Menggunakan double bantal ketika tidur

Hidung tersumbat memang tidak hanya memberikan rasa tidak nyaman pada hidung namun juga pada pernafasan. Saluran hidung yang menyatu dengan pernafasan membuat kamu akan sulit bernafas dan membuat tidur tidak nyenyak. Nah untuk mengurangi rasa tidak nyaman tersebut kamu disarankan untuk menggunakan double bantal ekstra guna menopang kepala.

Saat kepala ditopang tinggi, lendir yang ada di dalam hidung akan keluar secara pelan-pelan, dengan begitu pernapasan kamu akan menjadi normal kembali.

  • Menggunakan kompres air hangat

Cara mengatasi hidung tersumbat yang terakhir adalah dengan menggunakan kompres air hangat. Tempelkan kompres pada bagian atas hidung serta dari untuk mengurangi rasa tidak nyaman pada area rongga hidung. Rasa hangat yang ditimbulkan akan meredakan peradangan serta nyeri di lubang hidung. Caranya sangatlah mudah, rendam handuk kecil kedalam air hangat lalu peras sampai tidak ada air yang menetes lalu tempelkan.