Cara Mengatasi Hipoglikemia Tanpa Obat Kadar Gula Rendah

Diabetes melitus merupakan salah satu jenis penyakit yang sangat membahayakan. Akan tetapi perlu kamu tahu bawah diabetes melitus tidak hanya memiliki efek berupa gula darah yang tinggi. Ada juga beberapa fakta yang menyebutkan bahwa orang dengan diabetes melitus juga bisa mengalami kadar gula rendah. Pada kondisi ini tentu seorang penderita diabetes melitus tidak akan membutuhkan obat kadar gula rendah.

Cara mengatasi kondisi hipoglikemia tanpa obat kadar gula rendah

Seseorang dengan diabetes melitus, umumnya akan memiliki kadar gula rendah di pagi hari. Hal ini bisa disebabkan karena kinerja insulin yang terlalu besar. Efeknya seseorang dengan diabetes melitus akan mengalami gejala kadar gula terlalu rendah yang ternyata sama bahayanya dengan kondisi gula terlalu tinggi.

·         Kondisi kadar gula terlalu rendah

Selain menimpa penderita diabetes melitus, kondisi gula rendah juga bisa menimpa orang pada umumnya. Mengapa? Hal ini disebabkan karena kadar gula rendah umumnya disebabkan karena banyak faktor.

Seseorang bisa disebut memiliki kadar gula rendah ketika kadar gulanya ada di bawah 70 mg/dl. Kondisi ini adalah kondisi kadar gula rendah tetapi https://slotjokerliga365.com masih dalam level ringan. Jika kadar gula seseorang menyentuh angka ini, maka berikut ini adalah beberapa gejala yang mungkin akan dialami.

  • Terjadi rasa sakit pada kepala dan munculnya rasa pusing
  • Berkeringat dan gemetaran
  • Mulut terasa kering
  • Rasa mual berlebihan dan rasa lapar
  • Penglihatan kabur dan jantung berdebar kencang.

Kondisi seperti ini adalah kondisi yang umum terjadi pada penderita hipoglikemia yang ringan. Jika kondisi kadar gula dalam darah makin parah, di mana seseorang memiliki kadar gula di bawah 54 mg/dl maka ada berapa hal berbahaya yang mungkin akan terjadi.

Seorang yang memiliki kadar gula dara yang sangat rendah, seseorang mungkin akan mengalami beberapa gejala seperti pingsan, kejang hingga terjadinya koma. Kondisi seperti ini mungkin akan sangat berbahaya oleh karena itu, akan lebih baik jika kamu mengetahui bagaimana cara mengatasi masalah kadar gula darah rendah ini.

·         Mengatasi kadar gula darah

Seseorang yang mengalami kadar gula darah yang rendah umumnya bisa diatasi dengan konsumsi obat untuk meningkatkan kadar gula dalam darah. Akan tetapi ketika seseorang penderita diabetes yang mengalami kondisi ini, obat tidak boleh dikonsumsi.

Konsumsi obat untuk mengatasi kadar gula dalam darah bisa menyebabkan kadar gula dalam darah seseorang akan mengalami peningkatan yang terlalu tinggi. Inilah yang membuat konsumsi obat sebaiknya dihindari dan gunakan alternatif cara yaitu dengan konsumsi karbohidrat setiap bangun tidur

Kondisi kadar gula darah rendah umumnya terjadi pada seseorang penderita diabetes melitus yang baru bangun tidur. Untuk itu, bagi setiap penderita diabetes melitus, akan lebih baik untuk segera mengonsumsi karbohidrat sebanyak 15 gram setiap pagi.

Karbohidrat sebanyak ini bisa kamu dapatkan dari beberapa sumber, mulai dari madu sebanyak 1 sendok makan atau jus buah yang tidak disertai dengan gula. Akan lebih baik untuk menghindari sumber gula dengan ikatan tunggal untuk mengatasi kadar gula rendah di pagi hari ini.

Jika kondisi ini terjadi pada penderita diabetes melitus, obat kadar gula rendah memang tidak diperbolehkan untuk dikonsumsi. Pasalnya kondisi ini bisa menyebabkan kontradiksi dengan obat diabetes melitus yang akan kamu dapatkan dari dokter. Oleh karena itu, untuk mengatasi kondisi kadar gula rendah ini kamu bisa langsung konsultasi dahulu dengan dokter kamu.