7 Penyebab Susah BAB dan Cara Mengatasinya

BAB atau buang air besar merupakan salah satu respons alami tubuh yang berfungsi untuk mengeluarkan sisa-sisa makanan hasil pemrosesan di dalam organ pencernaan. Tapi sayangnya proses alamiah ini tak semuanya berjalan lancar sehingga membuat tubuh terasa begah dan tidak nyaman. Ada banyak sekali penyebab susah BAB yang ternyata tidak kita sadari.

Penyebab Susah BAB

Dengan mengetahui penyebab susah BAB maka kamu bisa menemukan cara mengatasinya. Dan inilah penyebab kamu sering susah BAB:

  1. Memiliki Gaya Hidup yang Tidak Sehat

Penyebab pertama dan yang paling banyak terjadi adalah karena memiliki gaya hidup yang tidak sehat. Misalnya; tidak suka makan serat seperti buah dan https://slotjokerliga365.com sayuran, tidak suka minum air putih, tidak mau berolahraga, dan sering bergadang sehingga jam tidurnya berantakan. Ya, semua itu bisa menyebabkan susah BAB yang akan mengganggu.

  • Sedang Melakukan Diet

Bagi kamu yang sedang melakukan diet pasti sering mengalami gangguan pencernaan salah satunya adalah susah BAB bukan? Hal ini lazim terjadi karena saat kamu sedang diet akan ada perubahan, dari mulai pola makan, pola tidur, hingga olahraga. Pada saat ini organ pencernaan masih melakukan adaptasi, nanti jika telah terbiasa maka BAB akan lancar kembali.

  • Sedang Hamil

Bagi wanita hamil, keluhan susah BAB itu sering kali muncul. Hal ini dikarenakan adanya aktivitas hormon progesteron yang melemahkan kerja otot pada usus. Gerakan peristaltik pada usus berkurang dan akhirnya BAB susah. Untuk mengatasinya, biasanya hanya perlu menambah serat dan juga minum air putih yang banyak. Sebab, makan serat tanpa air akan menambah keparahan susah BAB.

  • Sering Menunda-nunda Buang Air Besar

Siapa di sini yang sering menunda-nunda buang air besar? Kebiasaan ini berakibat buruk terhadap organ pencernaan kamu loh. Salah satu akibatnya ya kotoran yang seharusnya keluar malah tertahan. Untuk mencegahnya kamu tidak boleh lagi menunda-nunda BAB. Jika sudah terasa, kamu harus segera pergi ke toilet untuk buang air besar.

  • Memiliki Gangguan Psikologis

Penyebab yang selanjutnya adalah adanya gangguan psikologis. Ya, gangguan psikologis dari mulai yang ringan hingga berat ternyata bisa mempengaruhi BAB. Salah satu yang sering terjadi adalah saat kamu sedang stres maka BAB jadi susah, apalagi jika sampai menderita kecemasan atau depresi.

Untuk mengatasinya, sebaiknya kamu mencari solusi untuk datang ke psikologi atau psikiater. Bisa juga dengan melakukan Yoga, meditasi, dan penenangan batin lainnya.

  • Memiliki Gangguan Penyakit Fisik

Selain gangguan psikologis, gangguan fisik seperti diabetes, radang usus, iritasi usus besar, hiperkalsemia, dan lainnya sangat mengganggu pencernaan. Tentunya jika sudah mencapai tahap yang serius, perlu penanganan oleh ahli lebih lanjut.

  • Efek Mengonsumsi Obat-obatan Tertentu

Susah BAB juga bisa diakibatkan oleh kebiasaan mengonsumsi obat-obatan tertentu. Contohnya adalah suplemen kalsium, suplemen zat besi, obat antidepresan, obat diuretik, obat diare, antasida, dan lain sebagainya. Untuk mengatasinya, kamu bisa menambahkan serat dan air putih lebih banyak atau berkonsultasi dengan dokter mengenai masalah efek samping obat ini.

Itulah dia beberapa penyebab susah BAB yang sering kali dialami oleh masyarakat. Jika menurut ulasan di atas, apakah yang menjadi penyebab kamu susah BAB hari ini? Semoga informasi di atas bisa menambah wawasan untuk kamu dan jangan lupa untuk berbagi ilmu dengan yang lainnya ya!