Waspada, Berikut Gejala Asam Urat Pada Wanita Yang Sering Muncul

Asam urat adalah penyakit yang disebabkan karena naiknya kadar asam urat yang tinggi pada tubuh. Penyakit asam urat sendiri bisa terjadi karena disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya makanan. Makanan yang memiliki kandungan purin tinggi seperti jeroan, otak sapi hingga hati sapi menjadi penyumbang utama naiknya kadar asam urat pada tubuh. Semakin banyak mengonsumsi makanan tersebut maka gejala asam urat pada wanita yang timbul juga akan semakin parah.

5 gejala asam urat pada wanita yang harus diwaspadai

Penyakit asam urat nyatanya dapat memicu munyulnya komplikasi penyakit lainnya jika tidak segera diobati. Oleh sebab itu penting adanya mengetahui apa saja geja-gejala asam urat sejak dini sebelum semakin parah. Nah, berikut ini beberapa geja asam urat yang paling sering terjad:

1. Rasa nyeri sendi yang tidak tertahankan

Dilansir dari halaman resmi Kementrian Kesehatan (Kemenkes) di Indonesia. gejala asam urat yang paling sering muncul adalah nyeri sendi tak tertahankan. Kadar asam urat https://slotjokerliga365.com yang tinggi di dalam darah menyebabkan munculnya kristal urat sendi yang terasa nyeri. Adapun bagian tubuh yang paling sering terkena nyeri akibat asam urat yakni jempol kaki.

Namun hal tersebut tidak menutup kemungkinan bagian tubuh lainnya juga terasa nyeri, seperti jari tangan, pergelangan lutut, siku dan pergelangan kaki. Rasa nyeri tersebut biasanya sering terjadi di malam hari dan berlangsung dari 3 hingga 10 hari.

2. Muncul bengkak di sekitar sendi

Gejala asam urat selanjutnya adalah munculnya bengkak pada tubuh. Bengkak tersebut tidak hanya muncul pada sendi saja melainkan juga di sekitar sendi. Terdapat dua alasan mengapa asam urat juga mengakibatkan pembengkakan. Yang pertama adalah karena sinovium atau jaringan pelapis sendi membengkak. Dan yang kedua karena meningkatnya volume pelumas sendi atau cairan synovial ketika terjadi peradangan. Pada gejala ini, bisa saja penderita asam urat tidak dapat bergerak secara leluasa akibat pembengkakan tersebut.

3. Muncul sensasi panas pada sendi

Menurut Health LIne, gejala asam urat tidak hanya ditandai dengan munculnya rasa nyeri sendi serta pembengkakan. Melainkan juga rasa panasa yang muncul di persendian tersebut.

Kondisi itu nyatanya juga bisa menyerang segala usia, mulai darai kalangan muda dengan usian 20 tahun ke atas sampai kalangan tua. Sama seperti halnya pemicu rasa nyeri sendi, munculnya sensasi panas ini tidak lain karena efek peradangan pada kristal yang terbentuk pada sendi-sendi.

4. Warna kulit memerah

Pada beberap kasus asam urat, pada umumnya area pembengkakan yang terjadi disertai dengan warna kulit memerah. Saat peradangan sendi menyerang aliran darah disekitarnya akan meningkat. Nah itulah yang kemudian menyebabkan warna kulit berubah menjadi memerah.

5. Munculnya Thopi (Benjolan)

Munculnya gejala asam urat yang tidak segera diobati, maka lama kelamaan akan menyebabkan kronis. Selain itu akan muncul thopi atau benjolan keras di kulit jaringan lunak dan di persendian yang mengelilinginya. Dengan munculnya thopi secara permanen, maka bisa saja akan merusak sendi tubuh.

Oleh karena itu, jika gejala asam urat mulai muncul segera lakukan perawatan yang tepat agar tidak berlanjut menjadi kronis. Penyakit asam urat memang tidak boleh hanya dipandang sebelah mata saja. Seba jika tidak diobati dengan segera bukan hanya gejala asam urat pada wanita saja yang semakin banyak muncul. Namun juga menyebabkan komplikasi penyakit lainnya yang membahayakan tubuh kamu