Lengkap! Inilah 7 Cara Mengatasi Gigi Ngilu

Gigi yang terasa ngilu sering kali membuat kita tak nyaman pada saat makan atau minum. Gigi yang kehilangan lapisan emailnya bisa jadi salah satu penyebab sehingga bisa membuat rasa ngilu. Banyak orang bingung bagaimana cara mengatasi gigi ngilu agar bisa makan dan minum dengan bebas lagi. Salah satunya mungkin kamu sendiri.

Cara Mengatasi Gigi Ngilu yang Mengganggu

Tenang saja, kamu datang di tempat yang tepat karena kita akan membahas secara tentang apa saja yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi gigi ngilu. Ini dia informasinya:

  1. Gunakan Pasta Gigi Khusus Gigi Sensitif

Cara mengatasinya yang pertama adalah kamu bisa menggunakan pasta gigi yang khusus untuk gigi sensitif. Ya, pasta gigi ini berbeda dengan https://slotjokerliga365.com pasta gigi biasa karna memiliki kandungan khusus. Diketahui, pasta gigi khusus gigi sensitif itu mengandung novamin. Zat ini membantu membentuk lapisan mineral gigi hingga 1.5x lebih kuat dari lapisan alaminya.

  • Jangan Makan Terlalu Panas, Dingin, dan Manis

Berikutnya adalah kamu harus menghindari makan makanan yang terlalu panas, terlalu dingin, dan terlalu manis. Ya, jika kamu terus melakukan hal-hal yang menyebabkan munculnya rasa ngilu ini maka keluhan pun akan semakin parah. Keluhan tentu tak akan cepat mereda.

  • Lakukan Perawatan Menggunakan Fluoride

Cara yang berikutnya adalah dengan melakukan perawatan dengan menggunakan fluoride . Ya, caranya sangat mudah, kamu tinggal mengoleskan fluoride yang biasanya tersedia dalam bentuk gel ke bagian luar gigi.

Dengan lapisan fluoride ini maka keluhan gigi ngilu bisa mereda. Sebab, fluoride dapat membantu memperkuat email atau lapisan luar gigi agar syarafnya terlindungi.

  • Melakukan Penambalan Gigi

Selain karena gigi sensitif, rasa ngilu yang terjadi bisa juga disebabkan oleh gigi yang berlubang dan tentunya sudah parah. Oleh karena itu, untuk mengatasi gigi ngilu karena berlubang ini bisa dilakukan penambalan oleh dokter gigi. Dengan ini kamu bisa sekaligus memperbaiki tampilan gigi yang semula terlihat kurang menarik.

  • Perawatan Saluran Akar Gigi

Apabila rasa ngilu yang terjadi sangat luar biasa maka dokter bisa saja menyarankan kamu untuk melakukan perawatan saluran akar gigi ini. Cara yang satu ini sangat efektif karena dilakukan perawatan pada bagian inti gigi atau pulpa. Setelah perawatan ini umumnya pasien akan merasa lebih baik dibandingkan rasa yang sebelumnya.

  • Melakukan Operasi Gusi

Gigi ngilu itu ternyata juga bisa disebabkan oleh akar gigi yang sudah tak terselimut oleh gusi. Hal ini mengakibatkan rasa ngilu yang cukup parah sehingga dokter akan mengambil keputusan untuk operasi kecil. Nantinya, dokter akan mengambil bagian gusi lain kemudian memotongnya. Potongan gusi tersebutlah yang akan ditambal pada gigi yang akarnya terbuka tadi.

  • Melakukan Pemasangan Crown Gigi

Gigi yang ngilu juga bisa disebabkan oleh keretakan gigi. Oleh karena itu, biasanya dokter akan melakukan tindakan untuk memasang crown gigi. Apa itu? Yaitu tindakan memasang crown gigi untuk mengganti struktur gigi yang hilang.  Dengan ini, struktur gigi akan menjadi lebih kuat dan melindungi gigi dari rasa ngilu.

Itu dia beberapa cara mengatasi gigi ngilu baik yang bisa dilakukan sendiri di rumah maupun membutuhkan penanganan dokter ahli. Jika kamu belum mengalaminya, sebaiknya untuk mencegahnya sejak dini dengan menyikat gigi teratur, mengurangi makanan yang terlalu manis/dingin/panas, dan hindari mengeratkan gigi.