Dibalik Rasanya yang Super Lezat, Ternyata ini 5 Bahaya Mie Instan yang Mengintai

Mie instan adalah salah satu makanan yang memiliki cita rasa sempurna di lidah. Akan tetapi, di balik kelezatannya yang luar biasa ini nyatanya mengandung bahaya yang mengincar nyawa kamu loh. Ya, bahaya mie instan selalu mengintai apalagi jika kamu makan dengan berlebihan dan tidak diimbangi dengan melakukan pola hidup sehat.

Bahaya Mie Instan yang Harus Diketahui

Ya, mie instan yang harganya murah dan enak ini ternyata mengandung zat-zat yang memicu berbagai penyakit berbahaya. Penasaran dengan apa saja bahayanya? Lihat penjelasan selengkapnya hanya di bawah ini:

  1. Bisa Menyebabkan Naiknya Tekanan Darah

Bahaya mie instan yang paling terlihat adalah bisa menaikkan tekanan darah. Ya, bumbu mie instan itu mengandung natrium yang super tinggi. Tidak percaya? Silakan kamu ambil satu kemasan mie dan lihat kandungan natriumnya.

Jika angkanya kecil, coba lihat lagi berapa standar penyajiannya, jangan-jangan angka natrium di sana hanya untuk setengah atau bahkan seperempat porsi saja.

Natrium telah terbukti bisa meningkatkan tekanan darah dan komplikasinya adalah merusakkan pembuluh darah hingga meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular. Untuk normalnya, manusia hanya boleh mengonsumsi natrium sekitar 5 hingga 6 gram saja. Hitung juga garam yang kamu gunakan untuk makan selain dari mie instan.

  • Bisa Meningkatkan Risiko Penyakit Jantung

Masih berkaitan dengan kemampuan natrium dalam menaikkan tekanan darah, jika hal ini terus terjadi maka penyakit jantung bisa terjadi. Selain https://slotjokerliga365.com natrium yang ada pada mie instan, nyatanya MSG atau Monosodium Glutamate yang dapat menguatkan rasa enak itu juga mendukung risiko kerusakan jantung.

Oleh karena itu, bagi para penderita hipertensi dan gagal jantung kongesitif  tidak diperkenankan makan mie instan. Sebab, mengonsumsinya bisa meningkatkan keparahan penyakit.

  • Dapat Menyebabkan Masalah Pencernaan yang Serius

Kamu harus tahu bahwa mie instan yang dijual dalam kemasan itu telah melalui pengolahan yang cukup panjang hingga mengering. Hal ini membuat mie tersebut menjadi tidak mudah dicerna oleh tubuh. Akhirnya, masalah pencernaan bisa muncul dan akan mengganggu aktivitas. Belum lagi jika kamu konsumsi mie instan yang pedas maka akan mudah merusak lambung.

  • Dapat Menyebabkan Gangguan Fungsi Ginjal

Nyatanya natrium yang ada pada mie instan inilah yang berperan penting dalam meningkatkan risiko penyakit tak terkecuali pada ginjal. Jumlah natrium yang terlalu tinggi akan membuat kerja ginjal terhambat dan terganggu. Akhirnya muncul penumpukan cairan dalam tubuh yang biasanya ditandai dengan kaki bengkak, bahkan muncul penumpukan cairan di jantung dan paru-paru.

  • Dapat Menyebabkan Obesitas

Selain dari natrium, secara umum dalam satu bungkus mie instan ini mengandung kalori yang sangat tinggi. Jadi, jika tidak diimbangi dengan olahraga atau diet yang lain maka bisa menyebabkan kenaikan berat badan.

Nah, jika berat badan terus naik akibat konsumsi mie instan berlebih maka efeknya adalah obesitas.

Lalu, apakah kita tak boleh makan mie instan? Boleh saja, kamu bisa menyiasatinya dengan masak mie instan hingga matang sempurna, menggabungkannya dengan sayuran, menggunakan bumbu setengah, tidak menggunakan minyak, atau mengurangi porsinya. Yang terpenting dalam makan mie instan adalah kamu mengetahui kebutuhan tubuh sekaligus mengerti informasi nilai gizi yang biasanya terdapat di kemasan. Setelah mengetahui bahaya mie instan di atas, sebaiknya kamu lebih hati-hati lagi dalam memilih makanan yang masuk ke dalam tubuh ya!