Awas, Kembung Bisa Jadi Gejala Awal Kanker Ovarium Lho!

Kanker memang salah satu penyakit yang sangat berat. Karena sebagian besar penderitanya tidak selamat atau mengalami pengangkatan organ. Nah, jika kanker terjadi pada bagian reproduksi wanita seperti kanker ovarium, maka hal ini pasti akan membuat wanita menjadi gelisah.

Akan tetapi tidak perlu khawatir, karena deteksi dini penyakit kanker bisa membantu mengobati penyakit kanker lebih cepat dan menurunkan risiko kematian dan kemandulan. Oleh karena itu, akan sangat penting bagi para wanita untuk tahu apa saja gejala awal kanker ovarium ini.

Pentingnya pengetahuan mengenai gejala awal kanker ovarium

Seperti disebutkan sebelumnya kanker ovarium adalah salah satu jenis kanker yang paling di takuti. Pasalnya kanker ini bisa menyebabkan kemandulan atau lebih parah lagi kematian. Akan tetapi dengan deteksi lebih dini, penanganan bisa dimaksimalkan dan risiko berat dapat dihindari. Untuk tahu apa saja gejala awal dari kanker ini. Berikut ini adalah ulasannya.

·         Kembung

Salah satu gejala awal yang bisa diindikasikan sebagai salah satu ciri penyakit kanker adalah rasa kembung di perut. Perut yang kembung bukan selalu jadi indikasi penyakit kanker. Akan tetapi jika perut kembung lebih dari 2 hari maka kamu wajib khawatir dan memeriksakan diri.

Saat menstruasi biasanya wanita juga akan mengalami perut kembung. Hal ini merupakan hal yang umum jadi tidak perlu khawatir. Akan tetapi jika perut https://slotjokerliga365.com kembung dan terlihat bengkak di area pinggul selama beberapa hari dan tidak kunjung membaik maka kunjungan ke dokter bisa jadi salah satu ide yang bijaksana. Oh ya, gejala kembung pada kanker ovarium lebih sering terjadi pada orang-orang yang mengalami kenaikan berat badan, mengalami menopause dan juga sudah berusia lanjut.

·         Tekanan di area panggul dalam

Hal lain yang juga bisa menjadi ciri dari penyakit kanker ovarium adalah adanya rasa tertekan di area panggul dalam. Hal ini memang mungkin terjadi ketika kamu mengalami menstruasi. Mengapa kebanyakan gejala kanker ovarium ini mirip dengan gejala menstruasi? Hal ini disebabkan karena menstruasi adalah sebuah proses yang berhubungan dengan sistem reproduksi, jadi memang bukan hal yang baru jika banyak gejala penyakit kanker ini mirip dengan gejala yang muncul saat kamu mengalami menstruasi.

Kembali lagi, rasa tertekan di bagian panggul yang terjadi akibat kanker ovarium ini umumnya mirip dengan rasa kram saat menstruasi. Oleh karena itu, jika rasa tertekan di bagian panggul ini terjadi pada saat di luar siklus menstruasi kemungkinan besar hal ini merupakan gejala awal dari kanker ovarium. Rasa tertekan ini bisa muncul dalam 1 titik, akan tetapi bisa juga terasa seperti menyebar.

·         Mudah kenyang

Saat kamu tiba-tiba sulit makan dalam jumlah banyak. Hal ini bisa jadi salah satu tanda bahwa sel kanker sudah tumbuh di sekitar rongga perut kamu. Akan tetapi meski kamu tidak makan banyak perut kamu tetap membesar. Hal ini bisa jadi salah satu tanda bahwa kamu sedang dalam fase awal kanker ovarium.

·         Buang air kecil lebih sering

Jumlah sel yang makin banyak juga bisa mendesak bagian sistem pembuangan kamu. Hal ini menyebabkan frekuensi buang air kecil menjadi lebih sering. Nah, jika kamau tiba-tiba sering pipis dengan rasa yang tidak tertahan, hal ini bisa jadi salah satu tanda kamu harus berkunjung ke dokter secepatnya. Hal-hal di atas merupakan gejala awal kanker ovarium. Akan tetapi tidak selalu menjadi gejala utama. Umumnya jika kamu memiliki gaya hidup yang tidak sehat, kelebihan berat badan tetapi mengalami penurunan berat badan dengan drastis, kamu wajib curiga.