6 Obat Asam Urat Alami Yang Ada Di Sekitar Rumah

Asam urat merupakan salah satu penyakit radang sendi yang disebabkan karena naiknya kadar asam urat (uric acid) pada tubuh. Biasanya asam urat banyak diderita oleh orang-orang yang sudah lanjut usia. Penyakit tersebut juga harus di kontrol agar tidak sering kambuh di masa mendatang. Adapaun untuk mengontrolnya beberapa orang lebih memilih obat asam urat alami karena dianggap lebih aman dari obat kimia.

Daftar obat asam urat alami yang ampuh

Obat alami atau obat herbal memang jauh lebih aman dibandingkan obat apotek sebab tidak memiliki resiko efek samping. Namun perlu kamu ketahui tidak semua obat herbal bisa digunakan untuk mengatasi asam urat. Berikut ini jenis-jenis obat alami yang sudah teruji secara medis dapat membantu mengatasi penyakit asam urat:

1. Kunyit

Di dalam kunyite terdapat kandungan Curcumin atau senyawa kimia yang bersifat antiradang. Dalam sebuah studi yang dilakukan di jurnal Arthritis Rearch & Therapy pada tahun 2019 mengungkapkan. Curcumin bermanfaat untuk menekan protein NF-kappa B pada hewan.

Setelah dilakukan uji lanjutnya ternyata hal tersebut juga ditemukan dalam manusia. Namun sebaiknya kamu konsultasi terlebih dahulu dalam https://slotjokerliga365.com menggunakan kunyit sebagai obat. Sebab ada beberapa kaus mengatakan jika kunyit juga memiliki efek samping.

2. Meniran hijau

Lab Grade Chanca Piedra atau meniran hijau terkenal sebagai obat untuk mengatasi batu empedu dan batu ginjal. Namun siapa sangka jika meniran hijau juga dapat digunakan sebagai obat asam urat?

Meniran hijau akan menghambat jumlah produksi asam urat yang berlebihan serta memecah dann membilas kristal-kristal asam urat yang menumpuk. Dengan mengonsumsinya secara rutin maka akan mencegah terjadinya serangan asam urat pada tubuh.

3. Jahe

Jahe adalah tumbuhan yang memiliki banyak manfaat terutama mengatasi peradangan, nyeri sampai asam urat. Jahe memiliki zat aktif yang bersifat antiinflamasi seperti zingeron, gingerol dan gingerdione. Zat aktif tersebut akan bekerja dengan menghambat prostaglandin dan leukotrien yang menjadi pemicu munculnya inflamasi.

Kamu bisa membuat minuman jahe yang telah dikupas bersih dan digeprek dengan air hangat seperti membuat teh. Selain itu kamu juga dapat menggunakannya sebagai minyak oleh pada bagian tubuh yang nyeri.

4. Brotowali

Meskipun rasangat amat sangat pahit, nyatanya tanaman satu ini memiliki segudang manfaat yang banyak. Dilansir dari Journal of Pharmacognosy & Phytochemistry tahun 2007, ekstrak jus dari tumbuhan brotowali menjadi obat alami yang bisa atasi asam urat.

5. Bunga dandelion

Tanaman alami selanjutnya yang dapat digunakan untuk membantu mengatasi asam urat adalah bunga dandelion. Bukan dengan cara memakan bunganya loh, melainkan dengan mengambil ekstrak bunga untuk dijadikan teh.

6. Kembang Sepatu

Hibiscus atau kembang sepatu menjadi salah satu obat yang diyakini dapat menyembuhkan penyakit asam urat. Menurut Journal of Functional Foods, ekstrak kembang sepatu yang diberikan kepada tikus membuat asam uratnya turun secara signifikan.

Biasanya obat tradisional iini bisa dikonsumsu dalam bentuk teh atau suplemen tablet. Namun diperlukan penelitian yang lebih lanjut untuk mengetahui efektivitas penggunaanya dalam mengatasi asam urat pada manusia.

Itulah beberapa tanaman tradisional yang diyakini banyak orang untuk mengatasi masalah penyakit asam urat. Meskipun penggunaan obat asam urat alami ini bukan bersifat paten dalam menyembuhkan penyakit tersebut. Tetapi bisa menjadi terapi komplementer dalam meredakan gejala dan meningkatkan kesehatan tubuh.