Beberapa Ciri Tanda Kelebihan Gula Darah

Jangan menganggap remeh jumlah glukosa darah tinggi, sebab keadaan tersebut adalah penyebab utama diabetes. Bila dibiarkan, kondisi kesehatan tersebut dapat mengakibatkan kerusakan pembuluh darah, saraf, bahkan dapat mengancam nyawa. Lalu, apa tanda gejala kelebihan gula darah? Berikut adalah ulasannya.
Dikutip Medicinet, normalnya kadar gula darah sekitar 70 hingga 100 mg/dL sebelum makan. Sedangkan selesai makan seharusnya tidak lebih dari 180 mg/dL. Gula darah sebagai awal munculnya diabetes sangat sering meningkat. Faktornya dapat lupa ataupun kurang minum obat penurun kadar gula ataupun menggunakan suntik insulin.
Gejala Kelebihan Gula Darah
Baiknya perhatikan beberapa gejala yang memperlihatkan kamu memiliki gula darah berlebihan, yaitu :

  • Gerak Tubuh Lambat
    Apakah kamu sangat sering merasa menjadi lebih lamban daripada biasanya? Bila benar, boleh jadi hal ini sebagai petanda kamu memiliki kadar gula darah tinggi. Kondisi ini menyebabkan lonjakan insulin dan mendatangkan beberapa gangguan pada tubuh. Salah staunya energi menjadi tidak stabil.

Saat tubuh terlalu banyak memakan atau meminum zat gula, maka kadar gula darah juga akan meningkat sehingga terjadi pasang surut energi.

  • Kelaparan
    Kondisi diabetes tipe 1 dan tipe 2 pada dasarnya sama-sama dapat mengacaukan level glukosa dalam tubuh. Kata ahli, hal itulah yang dapat mengakibatkan https://slotjokerliga365.com siklus kelapan disaat tubuh sedang mencoba untuk mengembalikan level gula darah di kondisi normal.

Level glukosa rendang memang dapat menjadikan nafsu makan kamu lebih tinggi, namun level kadar gula tinggi juga sama saja. Kamu akan sulit untuk merasakan kenyang saat kadar gula darah meningkat.

  • Ingin Makanan Manis
    Jika kamu merasa susah berhenti ketika makan makanan ataupun mengkonsumsi minuman manis, jangan bingung atau heran. Semakin banyak kadar gula yang kamu konsumsi, maka akan bertambah banyak juga keinginanmu untuk mengkonsumsinya. Perihal tersebut bukan karena kurangnya gula darah. Tapi, makanan manis bisa membuat kamu semakin suka mengkonsumsinya karena kandungan yang ada didalamnya.
  • Kulit Bermasalah
    Gula darah tinggi bisa juga mengakibatkan beberapa gangguan kulit. Menurut ahli dari Whasington Intitute of Dermatologic Laser Surgery, Amerika Serikat, beberapa orang mempunyai sensitivitas yang berbeda pada naiknya insulin. Naiknya insulin inilah yang memantik hormon lain yang akan menyebabkan gangguan kulit. Misalnya adalah jerawat berkembang.
    Gejala dan samping yang ditimbulkan lainnya
    Cek laboratorium jadi cara terbaik agar bisa meyakinkan kadar gula darah didalam tubuh. Tapi, naiknya gula darah bisa menyebabkan masalah fisik. Berikut adalah tanda-tanda jika level gula darah naik, yakni:

    1. Sakit kepala
    2. Sulit berkonsentrasi
    3. Berat badan menurun, namun nafsu makan meningkat
    4. Frekuensi buang ari kecil akan meningkat, khususnya di malam hari
    5. Penglihatan jadi buram
    6. Kulit kering dan gatal
    7. Sering haus
    8. Mudah ngantuk dan lelah

    Jika kamu mengalami beberapa gejala diatas, segeralah untuk mengecek gula darah agar bisa memastikannya. Kamu bisa langsung kunjungi ke klinik dokter ataupun dapat menghubunginya lewat panggilan telepon.
    Kamu juga berhati-hati jika mengalami sejumlah kondisi seperti yang dijelaskan tadi. Meski demikian, dalam beberapa kasus naiknya kadar gula darah juga menyebabkan beberapa tanda-tanda lainnya seperti:
    • Luka akan sembuh lebih sulit dan juga lama
    • Masalah pada perut dan pencernaan, seperti halnya sembelit kronis atau diare
    • Kerusakan saraf yang mengakibatkan kepekaan kulit menjadi meningkat, khususnya pada bagian kaki
    • Infeksi kulit serta vagina.
    Itu saja ulasan tentang beberapa gejala kelebihan gula darah. Jika kamu memiliki histori keluarga yang mengidap diabetes, baiknya kamu harus mengontrol pola makan agar bisa mencegah naiknya kadar glukosa darah. Karena kamu memiliki resiko mengidap diabetes lebih besar dibandingkan orang lain.