Bayar Hutang Tidur Merupakan Cara yang Salah dan Pembawa Masalah

Anjuran untuk mempunyai tidur yang memadai telah amat sering kami dengar. Layaknya bayar hutang, lebih dari satu orang justru mengakali kurangnya sementara tidur dengan terlelap lebih lama pada hari berikutnya.

“Konsekuensi jangka panjang dari kurang tidur tidak dapat diatasi dengan gampang dan bertahan lebih lama dari yang diperkirakan,” ujar Asisten Profesor Kedokteran Klinis dan Neurologi Stephanie M. Stahl dikutip Medical News Today, Rabu, 15 September 2021.

Penelitian oleh Jagiellonian University di Polandia mengungkapkan efek pergantian fungsi tubuh berkaitan kurangnya sementara tidur pada orang dewasa selama 10 hari berturut-turut.

Hasil menunjukkan ada efek yang jelek pada fungsionalitas tubuh secara umum. Terlebih, para partisipan terhitung tidak gampang sembuh dari efek kekurangan tidur tersebut.

“Penelitian berikut menaikkan lebih banyak bukti lagi bahwa kurang tidur mempunyai efek merugikan bagi fungsionalitas tubuh,” kata Stephanie.

Waktu tidur yang diperlukan setiap orang sangatlah bervariasi. Namun, umumnya orang dewasa memerlukan setidaknya tujuh jam setiap hari untuk dapat berfungsi dengan baik.

“Penelitian ini secara tertentu menyoroti bahwa bahkan kurangnya 1-2 jam sementara tidur di bawah tujuan (7 jam) membawa dampak masalah situs judi online jangka panjang, bahkan setelah menggantinya dengan tidur memadai selama satu minggu,” ujarnya.

*Mengorbankan tidur gara-gara aktivitas

Menjalani kehidupan dengan kesibukan yang padat seringkali membawa dampak orang dewasa mengorbankan sementara tidurnya. Entah untuk pekerjaan, hiburan, atau alasan lainnya.

Banyak orang meremehkan efek kurang tidur bagi kesegaran mental dan fisik mereka. Kebanyakan orang justru yakin bahwa dengan membayar hutang tidur merupakan rancangan yang tepat.

Penelitian berikut terhitung mengungkapkan, masalah tidur umumnya berlangsung pada profesi seperti tenaga kesehatan, pekerja di dunia hiburan, dan transportasi. Tapi, belakangan hari untuk WFH (work from home) malah bisa menghilangkan jarak antara pekerjaan dan kehidupan pribadi.

“Meskipun kekuatan untuk bekerja jarak jauh telah jadi keuntungan bagi banyak orang selama pandemi COVID-19 ini, namun jam istirahat jadi salah satu yang dikorbankan,” ujar para peneliti.

*Potensi efek yang muncul

Kehidupan moderen menuntut manusia untuk hidup dengan tambah cepat. Tekanan untuk terus melakukan, memproduksi, dan mencapai suatu hal berkelanjutan muncul.

“Kurang tidur merupakan penyebab yang amat umum untuk konsentrasi yang buruk, kurangnya fokus, mengantuk di siang hari, menaikkan risiko kecelakaan, terhitung kecelakaan kendaraan bermotor,” ujar Stephanie.

Stephanie menjelaskan, kurang tidur terhitung dapat menaikkan risiko penyakit jantung, stroke, kanker, infeksi, dan demensia.

Mengenal dan Menangani Hutang Tidur dengan Cara yang Tepat

Tidur memegang peran penting di dalam kehidupan manusia, sebagaimana sekitar sepertiga dari usia kami habiskan untuk tidur. Sehingga tidak heran, kurangnya sementara tidur dapat turunkan imunitas sampai menyebabkan kerusakan gen. Dan gara-gara kesibukan yang padat, tak jarang kami meremehkan sementara tidur dan di sesudah itu hari kami menentukan untuk membayar hutang tidur berikut dengan cara yang salah.

Tapi apakah memang pengertian hutang tidur dan cara mengatasinya dengan benar, berikut ulasannya:

*Pengertian hutang tidur

Seperti yang kami ketahui, siklus tidur dikendalikan oleh jam internal tubuh dengan pergantian pagi dan malam sebagai pengingatnya. Namun gara-gara pekerjaan yang tidak dapat ditinggalkan, kadang-kadang kami tidak dapat menghindari sementara tidur yang berkurang ataupun bergeser sampai meninggalkan yang kami sebut ‘hutang tidur’. Turunnya kekuatan tubuh untuk melakukan aktivitas setiap harinya serta memiliki persaan yang kurang nyaman karena kurangnya jam tidur bisa didampak oleh hutang tidur tersebut.

“Bahaya Kurang Tidur bagi Tubuh”

Kebiasaan buruk membayar hutang tidur Tidak diragukan lagi bahwa kurang tidur dapat memengaruhi seseorang sampai lebih dari satu sementara ke depan. Sehingga hutang tidur wajib dilunasi dengan teknik yang benar. Namun perlu diingat bukan dengan cara rehat keseluruhan dan tidur sampai berkepanjangan di akhir pekan. Kebiasaan tidur amat lama di akhir pekan berikut justru dapat membuat perubahan siklus tidur alami yang membawa dampak Anda ada problem tidur dan berkonsentrasi pada hari kerja.