Jangan Cuek, Ini cara Merawat Organ Intim Setelah Berhubungan Seks

Organ intim yang tetap terawat dengan baik sanggup mencegah timbulnya beraneka kasus kebugaran di daerah tersebut. Oleh karena itu, telah seharusnya setelah melakukan hubungan intim kudu membersihkan diri dengan cara yang benar dan tepat.

Hal itu tak cuma berlaku pada wanita, namun juga para pria. Sebab kasus infeksi karena kurang melindungi kebersihan organ intim sanggup menimpa pada pria.

Pentingnya Kebersihan Organ Intim

Dikutip dari KlikDokter, kala melakukan hubungan seks atau bercinta, berlangsung pertukaran beraneka cairan tubuh. Cairan pre-ejakulasi, air mani, cairan vagina, keringat, dan liur sangat mungkin menempel pada tubuh, juga daerah organ intim.

Demi melindungi kebersihan, akan sangat baik sekiranya daerah selanjutnya sanggup dibersihkan segera dari beraneka cairan tubuh tersebut. Dengan begitu situs judi setelah terkait sanggup membantu melindungi Anda dari mungkin infeksi, terlebih infeksi saluran kemih (ISK).

Cara Bersihkan Organ Intim Setelah Berhubungan

1. Bersihkan dengan Air Mengalir

Setelah selesai terkait seks dan istirahat sejenak, pergilah ke kamar mandi dan membersihkan organ intim dengan air mengalir.

Suhu air yang direkomendasi adalah jangan sangat dingin atau sangat panas.

Selain itu, Anda juga sanggup mengelap penis atau vagina dengan waslap yang sebelumnya telah dicelupkan ke air hangat. Usap anggota atas, pinggir, dan bawah agar semua cairan tubuh dan juga kuman yang menempel sanggup dihilangkan.

Saat membersihkan vagina setelah terkait intim, tersedia cara membasuh yang direkomendasikan. Caranya, basuh dari arah depan (vagina) ke belakang (bokong). Jangan melakukan sebaliknya.

Tujuan membasuh dari arah depan ke belakang adalah agar bakteri yang bersemayam di bokong tidak menginvasi vagina. Pasalnya, bakteri di daerah anus pun sanggup mengundang infeksi, sekiranya infeksi saluran kemih.

2. Hindari Sabun dengan Wewangian

Hindari memakai sabun berwarna atau punya kandungan wewangian. Hal ini disebabkan kala terkait seks, jaringan organ intim mengalami gesekan, pembengkakan atau perlukaan. Bila segera terpapar sabun, lebih rentan mengalami iritasi.

Pada dasarnya tidak diperlukan sabun tertentu untuk membersihkan vagina. Sebab vagina telah mempunyai kebolehan untuk melindungi diri dari infeksi, sekiranya dengan persentase pH yang dimilikinya.

Pemakaian sabun sebagai cara membersihkan daerah kewanitaan setelah terkait intim tetap sanggup dilakukan, cuma saja memakai sabun untuk daerah kelamin anggota luar saja, seperti bibir kemaluan atau daerah selangkangan.

3. Jangan Lupa Buang Air Kecil

Wanita sangat direkomendasi untuk membuang air kecil setelah terkait seks. Alasannya, letak vagina dan uretra (saluran keluarnya urine) sangat berdekatan, agar kuman lebih mudah menyebar dan menyusup masuk ke di dalam organ vital.

Tak cuma untuk wanita, pria juga direkomendasi berkemih setelah terkait seks. Buang air kecil usai seks sanggup membantu mencegah infeksi saluran kemih dan melindungi kebersihan uretra.

Agar lebih mudah membuang air kecil setelah sesi terkait intim, cobalah untuk cukup minum air sebelum dan setelah berhubungan.

4. Keringkan dengan Lembut dan Benar

Setelah dicuci memakai air mengalir, cara sesudah itu adalah mengeringkan daerah kewanitaan dengan lembut dan benar. Anda sanggup memakai kain, handuk, atau tisu lembut. Tujuannya adalah mencegah kelembaban terlalu berlebih pada daerah kemaluan, yang merupakan lingkungan ideal bagi jamur untuk berkembang biak. Saat mengeringkan, tidak kudu digosok. Anda cukup tepuk-tepuk dengan lembut sampai kering.