5 Bahan Tradisional untuk Diet Dilengkapi dengan Cara Pengolahannya

Menangani perihal berat tubuh dengan cara diet terdapat beraneka ragam cara. Mulai dari menerapkan rangkaian aktivitas olahraga, berkonsultasi dengan dokter, menahan rasa lapar, bahkan sampai minum obat untuk menurunkan berat badan.

Diet diterapkan untuk mendapatkan model tubuh yang ideal untuk laki-laki maupun perempuan. Seseorang yang tengah berjuang untuk memperoleh badan kesukaannya harus memperhatikan makanan yang ia konsumsi, jangan sampai membuatnya sakit.

Sangat tidak disarankan mengonsumsi obat diet tanpa mengetahui kandungan dan efek sampingnya. Baiknya, konsultasikan dengan ahli gizi atau dokter agar diet berjalan lancar.

Meskipun tidak mengonsumsi obat diet, masih banyak cara lain yang lebih aman untuk Anda lakukan. Terdapat berbagai cara tradisional untuk menurunkan berat tubuh dengan ramuan sederhana, seperti yang dirangkum dari Kapanlagi.

Ramuan Tradisional untuk Diet

1. Jahe

Jahe sudah terkenal sebagai ramuan tradisional mulai dari zaman dahulu. Kandungan termal yang dimiliki jahe dapat membantu pembakaran lemak.

Menurut para ahli, jahe efektif buat menurunkan berat tubuh dengan cara tradisional, seperti mengendalikan selera makan, dan mengurangi lemak yang berlebihan pada perut buncit. Ramuan jahe ini baiknya diminum sebelum tidur pada malam hari.

Berikut cara mengolah jahe sebagai ramuan diet:

Siapkan satu rimpang jahe yang telah dicuci bersih

Iris tipis-tipis kemudian rebuslah dengan dua gelas air

Biarkan sampai mendidih

Tuangkan pada gelas dan minumlah dalam keadaan hangat

2. Lemon

Kandungan vitamin C dalam lemon dapat mengeluarkan racun dalam tubuh dan juga menurunkan berat badan berlebih. Konsumsi bahan tradisional lemon 3 hari sekali untuk memperoleh hasil yang optimal.

Berikut cara pengolahan lemon sebagai bahan diet:

Siapkan satu buah lemon

Peraslah lemon tersebut lalu pisahkan air perasannya

Campur air perasan lemon dengan segelas air hangat

3. Asam Jawa

Kandungan flavonoid yang dimiliki asam jawa memiliki banyak manfaat bagi tubuh, diantaranya mencegah penggumpalan darah dalam tubuh, berperan link alternatif liga365 sebagai antioksidan dalam tubuh, mencegah alergi dan bahkan mencegah penuaan dini. Selain itu, asam malatnya dapat menyehatkan organ pencernaan dan melancarkan BAB.

Ramuan ini akan menimbulkan rasa kenyang yang cukup lama, sehingga dapat menekan nafsu makan, karena asam jawa juga mengandung serat.

Berikut cara mengolah asam jawa sebagai ramuan diet:

Siapkan buah asam jawa

Remas buah tersebut lalu masukkan dalam gelas

Tambah dengan gula yang berkalori rendah secukupnya

Tuangkan air hangat atau dingin sesuai dengan selara

Aduk hingga tercampur rata

4. Kayu Manis

Kayu manis dikenal bisa mengobati penyakit diabetes dan jantung, tetapi kayu manis juga dapat dibuat bahan tradisional untuk menurunkan berat badan.

Ramuan ini sebaiknya dikonsumsi setiap harinya dengan 1 kali  dalam kondisi perut tidak ada isi.

Berikut cara pengolahan kayu manis sebagai ramuan diet

Sediakan setengah sendok teh kayu manis dalam  bentuk bubuk, satu gelas air hangat, setengah lemon, madu

Tambahkan satu sampai dua sendok teh bubuk kayu manis ke dalam 1 gelas air hangat

Peras lemon ke dalamnya dan aduk rata

5. Buah Mengkudu

Ramuan tradisional buah mengkudu sudah dipercaya cukup mujarab dalam membantu berat badan untuk turun. Moridon dan Alkaloid triterpenoid yang terkandung di dalamnya dapat berfungsi sebagai obat pencahar yang membantu memperlancar Buang Air Besar ( B A B ).

Berikut cara pengolahan buah mengkudu untuk ramuan ramuan diet

Siapkan dua buah mengkudu dan cuci bersih

Buah dikukus

Tambahkan sedikit garam ke dalam rebusannya

Sumber https://www.liputan6.com