Cara Sembuhkan Alergi Dingin, Mudah dan Praktis

Kamu termasuk golongan orang yang kuat dengan udara dingin atau tidak? Sebab ada beberapa orang di dunia ini tidak akan masalah dengan udara dingin, dan ada pula yang justru alergi dengan udara dingin. Kondisi seperti ini tentu saja merepotkan dan membuat diri tidak nyaman. Nah, untuk itu kamu wajib banget nih untuk tahu bagaimana cara sembuhkan alergi dingin.

Sebenarnya ada banyak sekali cara yang bisa kamu gunakan untuk mengatasi alergi dingin. Namun alangkah lebih baik jika kamu mengalami kondisi atau gejala alergi saat udara dingin sebaiknya untuk melalukan konsultasi terlebih dahulu ke Dokter. Ini akan membantumu untuk mengetahui penyebab alergi dan bagaimana cara mengatasinya. Dengan begitu, jika suatu saat kamu mengalami kondisi atau gejala yang sama tidak akan bingung lagi deh!

Begini Cara Sembuhkan Alergi Dingin Sesuai Dengan Penyebabnya

Bagi penderita alergi, gejala yang muncul tentu akan mengganggu. Terlebih jika aktivitas sedang banyak-banyaknya kan? Beberapa alergi yang disebabkan oleh udara dingin biasanya akan menimbulkan gejala seperti biduran yang ditandai dengan timbulnya bentol-bentol dengan rasa gatal yang luar biasa. Gejala yang seperti ini bagi sebagian orang tidak akan muncul secara langsung, melainkan muncul beberapa saat setelah terpapar suhu dingin.

Penelitian menyebutkan bahwa alergi dingin bisa disebabkan oleh adanya pelepasan histamine dan zat kimia dalam aliran darah yang dipicu oleh udara dingin. Meskipun begitu, belum ada alasan pasti kenapa tubuh bereaksi demikian. Agar lebih berjaga-jaga, beberapa gejala yang mungkin akan judi bola timbul saat alergi dingin seperti tagan bengkak setelah bersentuhan dengan benda dingin, timbul bilur pada kulit dan terasa gatal, bibir dan tenggorokan bengkak setelah mengonsumsi makanan dan minuman dingin, kulit kemerahan, dan untuk gejala parah bisa sampai menyebabkan suhu badan naik dengan kondisi yang parah.

Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan dan meminimalisir gejala yang muncul, berikut ini beberapa cara sembuhkan alergi dingin yang bisa kamu lakukan.

  1. Hindari Penyebab Alergi Dingin

Menghindari pemicu sebuah kondisi kesehatan merupakan cara yang paling ampuh. Kamu tentu setuju dengan istilah mencegah lebih baik daripada mengobati kan? Nah, karena reaksi alergi dingin disebabkan oleh segala sesuatu yang dingin, kamu bisa menghindarinya dengan menghindari hal-hal yang dingin. Seperti tempat dengan suhu dingin, makanan dan minuman yang dingin.

  1. Minum Obat Antihistamin

Seperti yang sudah dijelaskan diatas jika alergi dingin disebabkan oleh adanya pelepasan histamon maka kamu bisa mengonsumsi obat antihistamin. Obat ini merupakan salah satu obat yang biasanya diresepkan untuk meredakan gatal atau biduran yang disebabkan oleh alergi. Kamu bisa mendapatkan obat jenis ini dalam bentuk loratadine, cetirizine, dan desloratadine.

  1. Minum Obat Omalizumab

Selain bisa mengonsumsi obat Antihistamin, obat lainnya yang bisa kamu gunakan adalah obat omalizumab. Obat jenis ini biasanya juga diresepkan bagi penderita asma sehingga tidak bisa didapatkan dengan mudah. Kamu wajib mendapatkan resep dokter terlebih dulu untuk bisa mendapatkannya.

  1. Mendapatkan Suntikan Epinefrin

Jika alergimu tergolong alergi yang mudah kambuh, maka cara paling ampuh adalah dengan mendapatkan suntukan epinefrin. Suntikan ini biasanya diberikan untuk mencegah risiko alergi dingin yang berlebihan.

Nah, itu dia beberapa cara sembuhkan alergi dingin yang wajib untuk kamu ketahui. Dengan mengetahui berbagai cara tersebut kamu bisa segera mengetahui hal apa yang bisa kamu lakukan setelah munculnya gejala alergi. Jangan lupa untuk selalu menjaga kondisi tubuh agar tetap hangat sehingga terhindar dari risiko alergi yang kapan saja bisa menyerang. Ingat ya, mencegah lebih baik daripada mengobati!