Cara Meratakan Gigi Gingsul dan Bahayanya Bagi Kesehatan

Bagi Sebagian orang menganggap kalau memiliki gigi gingsul adalah sebuah keberuntungan. Namun, ada juga seseorang yang memiliki gigi gingsul merasa risih, bahkan sangat tidak nyaman. Oleh karena itulah, mereka pun ingin tahu bagaimana cara meratakan gigi gingsul tersebut. 

Untuk itulah, pada topik saat ini, kami ingin memberikan berbagai informasi merapikan dan meratakan gigi gingsul. Oleh sebab itu, yuk kita simak secara seksama pada bahasan artikel kali ini.

Solusi dan Cara Meratakan Gigi Gingsul yang Aman

Keberadaan gigi gingsul memang tidak hanya bisa membuat gigi terlihat tidak rapi, namun juga memiliki dampak yang cukup bahaya bagi kesehatan mulut. Oleh sebab itu, berikut ini adalah solusi dan cara yang bisa digunakan untuk meratakan gigi gingsul dan pastinya aman.

  1. Meratakan Gigi Gingsul Dengan Kawat Gigi 

Penggunaan kawat gigi bukan hanya untuk merapikan gigi normal yang tidak rata. Tapi banyak dokter menyarankan untuk memakai kawat gigi supaya memperbaiki gigi gingsul kalian supaya jadi rata dan normal kembali.

  • Menggunakan Aligner Bening

Kalau kalian merasa khawatir menggunakan kawat gigi sebagai cara meratakan gigi gingsul. Tak perlu khawatir, pasalnya ada pilihan lain yang bisa dilakukan. Salah satunya menggunakan Aligner bening. Merupakan sebuah alat untuk penyanggah gigi.

Aligner bening sendiri terbuat dari bahan aman, seperti plastic bening tipis sterli. Serta akan disesuaikan dengan bentuk dan ukuran gigi pasien. 

Tapi, dalam penggunaan aligner bening ini juga perlu arahan dari dokter bersangkutan, ya. Seperti lama penggunaan, kapan saja aligner bening digunakan pasien, efek, dan manfaatnya perlu kamu tahu agar proses perataan gigi gingsul pun berlangsung dengan cepat.

  • Melalui Operasi Gigi

Perataan gigi gingsul nyatanya bisa dilakukan melalui proses operasi. Tapi, hal ini jarang sekali terjadi. Sebab, operasi tersebut hanya akan dilaksanakan apabila gigi gingsul pasien semakin parah dan sulit untuk diobati menggunakan cara biasa.

Umumnya, operasi gigi gingsul atau dalam istilah kedokteran, yaitu operasi orthogenic akan melakukan perubahan kecil dalam struktur rahang. Sehingga judi slot gigi gingsul dapat dikembalikan seperti gigi normal lainnya.

Penyebab Gigi Seseorang Bisa Gingsul

Nah, ternyata ada beberapa pilihan metode untuk meratakan atau merapikan gigi gingsul. Mulai dari cara ringan hingga operasi. Tentunya, metode tersebut pun akan disesuaikan dengan kondisi gigi dan tubuh kamu.

Sekarang, apakah kamu tahu apa yang menyebabkan gigi seseorang menjadi gingsul. Bahkan sejak lahir. Untuk menambah ilmu kita. Berikut ini adalah beberapa penyebab gigi gingsul.

  1. Ukuran Rahang Seseorang

Salah satu penyebab gigi gingsul pertama bisa terjadi karena ukuran rahang seseorang. Perubahan tersebut pun ternyata tidak terjadi secara alami, loh. Umumnya hal tersebut karena faktor makanan yang pasien konsumsi.

  • Faktor Keturunan

Faktor penyebab lainnya dari gigi gingsul juga dapat dikarenakan oleh keturunan atau genetik. Misalnya, nenek, kakek, ayah, atau ibu kamu memiliki gigi gingsul.

Maka anak-anaknya pun ada kemungkinan juga akan memiliki gigi gingsul nantinya. Ini karena faktor keturunan seseorang tersebut mewarisi overbite atau underbite pada rahang gigi.

Menyebabkan Berbagai Gangguan Pada Mulut

Akibat dari gigi gingsul pun ternyata bisa menyebabkan berbagai efek bagi penderitanya. Bahkan bisa cukup mengganggu kegiatan sehari-hari, loh. Nah, Adapun beberapa gangguan dari gigi gingsul diantaranya adalah:

  • Tidak nyaman saat mengunyah makanan.
  • Gigi sulit dibersihkan, Jadinya beresiko gigi keropos, lubang gigi, dan gingivitis.
  • Resiko gigi tanggal semakin tinggi karena akan mengalami penekanan rahang dan otot mulut akibat gigi gingsul.

Gangguan tersebut sering kali dirasakan oleh pengidap gigi gingsul. Sehingga mereka pun merasa tak nyaman, walau Sebagian orang kalau memiliki gigi gingsul itu anugrah. Memang gigi gingsul memiliki banyak manfaat bagi pengidapnya. Namun, ada juga hal yang mengganggu. Sehingga membuat mereka ingin mengetahui bagaimana cara meratakan gigi gingsul tersebut.