Sembuhkan Flu Bayi

Bayi mengalami batuk pilek adalah hal yang lumrah, gejala demikian bisa disebut dengan Flu Bayi. Pada kasus flu bayi tidak terlalu menjadi masalah jika bayi masih mau makan, minum dan tidak mengalami sesak nafas. Untuk sembuhkan flu bayi,  kamu perlu mengetahui faktor penyebab flu pada bayi kamu.

Mengapa bayi mengalami Flu

Flu pada bayi dapat diseabkan oleh beberapa hal misalnya pengaruh pemberian asi eksklisif pada bayi, paparan virus dari lingkungan, Serta adanya riwayat resiko alergi pada keluarga bayi. Untuk mengurangi intensitas terjadinya flu pada bayi kamu bisa diberikan imunisasi influenza agar memiliki kekebalan tubuh yang baik.

Tidak perlu obat pada flu dengan gejala ringan

Pada beberapa bayi tidak diperilukan obat untuk sembuhkan flu bayi dengan gejala ringan. Pada kasus flu dengan bayi yang masih mau makan, dan minum serta tidak mengurangi berat badan, flu tersebut bisa dikatakan ringan. Kamu tidak perlu cemas dengan kondisi bayi kamu slot online karna flu akan sembuh dengan sendirinya kecuali jika bayi berada dilingkungan yang rentan menularkan flu. Berikut yang perlu kamu lakukan untuk sembuhkan flu pada bayi.

Penanganan untuk sembuhkan flu pada bayi

  1. Pemberian Nutrisi yang cukup

Pemberian nutrisi yang cukup baik dari asi, air putih atau makanan pendamping asi jika bayi sudah mulai menerimanya. Selama bayi kamu masih mau makan dan minum maka flu pada bayimu akan segera membaik.

  • Menjaga kehangatan pada tubuh bayi.

Untuk mencegah hidung bayi kamu tersumbat, pastikan badan bayi kamu mendapat kehangatan yang cukup. Kurangi penggunaan AC atau kipas angin, selanjuntya kamu dapat memberi selimut dan mengoleskan balsem, minyak telon, pada bagian punggung, dada, dan leher sikecil, itu akan membuatnya merasa hangat dan nyaman.

  • Sedot Ingus pada bayi

Untuk mengurangi resiko hidung tersumbat dan tersedak, kamu bisa menyedot ingus pada bayi. Sebelum kamu memulai sedot ingus untuk sembukan flu bayi, baiknya kamu encerkan ingus bayi dengan memberi tetesan air garam kelubang hidungnya. Gunakan alat penyedot ingus bayi dan jangan menggunakan mututmu untuk menyedotnya, karena bakteri pada mulut justru akan memperburuk kondisi pada bayi.

  • Bersihkan ingus yang mengeras pada hidung bayi

Kulit pada bayi memang sangat sensitif maka dari itu saat bayi kamu terkena flu pastikan kuit sekitar hidungnya bersih dari lendir yang mengeras. Kamu bisa membasahi kapas dengan air hangat, kemudian usap dengan lembut dinding lubang hidung sikecil. Setelah hidungnya bersih maka kamu dapat memberikan petroleum jelly pada bagian luar lubang hidungnya.

  • Ajak sikecil berjemur dan tepuk punggungnya.

Aja sikecil berjemur selama 10-15 menit sambil tepuk perlahan penggung sikecil untuk meringankan sumbatan pada pernafasanya. Baringkan sikecil dengan posisi tengukurap atau pangku sikecil pada posisi duduk dan condongkan hanya sedikit kedepadan kemudian tepuk secara perlahan pada punggung bayi kamu sebagai upaya sembuhkan flu pada bayi. Pada kasus flu pada bayi yang perlu diperhatikan adalah obat pilek tidak boleh sembarangan diberikan pada bayi tanpa melalui konsultasi dengan dokter. Namun jika flu disertai demam selama lebih dari 2 hari dan flu tidak sembuh selama lebih dari 7 hari maka sebaiknya konsultasikan dengan dokter. Jika flu tidak menggangu pola tidur dan pola makan tidak perlu diperlu diberikan obat dan kamu cukup menerapkan tips diatas untuk sembuhkan flu bayi kamu.