Rekomendasi Obat Flu di Apotek untuk Keluarga

Flu bisa menyebabkan demam, badan sakit, dan hidung tersumbat sehingga mengganggu aktivitas. Jika hal itu terjadi maka Kamu membutuhkan rekomendasi obat flu di apotek. Pasalnya, untuk mengobati penyakit yang satu ini bisa menggunakan obat tanpa resep dokter. Kamu dapat memilih salah satu obat flu yang ada di bawah ini.

5 Rekomendasi Obat Flu di Apotek tanpa Resep Dokter

Berikut ini adalah rekomendasi beberpa obat flu tanpa resep dokter yang ada di apotek :

  1. Paracetamol

Paracetamol berguna untuk meredakan gejala penyerta flu. Rangkaian gejala flu adalah demam, sakit kepala, dan badang nyeri atau pegal-pegal. Obat ini biasanya aman untuk semua orang seperti anak-anak, dewasa, wanita hamil, dan ibu menyusui.

  • Ibuprofen

Ibuprofen sama seperti paracetamol sebagai salah satu obat yang digunakan untuk flu. Obat ini berkhasiat untuk menurunkan deman dan situs judi slot meredakan rasa nyeri mulai dari ringan hingga sedang. Kamu juga bisa memperolehnya di apotek tanpa resep dokter.

Golongan Nosteroid Anti-Inflamasi (NASID) salah satunya adalah Ibuprofen. Cara kerja obat Ibuprofen yakni :

  • Ibuprofen bekerja dengan menghambat produksi senyawa kimia tertentu penyebab nyeri dan peradangan
  • Ibuprofen bermanfaat untuk mengurangi perdangan yang terjadi pada tubuh sehingga proses penyembuhan bisa lebih dipercepat
  • Obat Antihistamin

Rekomendasi obat flu di apotek selanjutnya adalah Antihistamin. Antihistamin adalah obat untuk flu yang disertai dengan alergi sehingga makin memperparah penyakit. Manfaat Antihistamin di antaranya yakni meredakan hidung berlendir, mata berair, bersin-bersin, dan gatal pada tenggorokan.

Contoh obat jenis Antihistamin yaitu Brompheniramine dan Chlorpheniramine yang tersedia di apotek. Antihistamin mengandung bisa menyebabkan kantuk sehingga Kamu tidak dianjurkan mengemudikan mesin sampai kantuknya hilang. Antihistamin yang tidak menyebabkan mengantuk yaitu loratadine, cetrizine, dan fexofenadine.

Ada beberapa Antihistamin yang mempunyai interaksi dengan obat-obat tertentu. Sebab itulah Kamu harus konsultasi dengan dokter jika punya riwayat ginjal, asma, dan hati jika ingin menggunakan obat ini.

  • Dekongestan

Hidung tersumbat membuat sulit bernapas dengan lega. Sumbatan tersebut disebabkan pembuluh darah di sinus meradang sampai membengkak. Selain itu, adanya produksi lendir yang berlebih menyebabkan semakin sulit bernapas.

Namun ada kabar baik karena Kamu dapat membeli Dekongestan tanpa resep dokter di apotek. Dekongestan berkhasiat untuk meredakan pembengkakan di saluran hidung dan mengurangi produksi lendir sehingga pernapasan jadi lega.

Dekongestan dapat Kamu pilih dengan berbagai bentuk yaitu pil, tablet, sirup, dan semprot hidung. Jenis Dekongestan yang disarankan di antaranya Pseudoephedrine dan Phenyleprine.

Akan tetapi, Dekongestan mempunyai efek samping yang harus diwaspadai sehingga Kamu harus membaca keterangannya secara seksama. Efek samping dari Dekongestan di antaranya pusing, mengantuk, sakit perut, sembelit, mulut dan tenggorokan terasa kering,  dan sulit tidur.

  • Ekspektoran

Kadang-kadang flu juga disertai dengan batuk berdahak yang menyebabkan semakin parahnya rasa sakit. Batuk berdahak tersebut karena dipicu oleh hidung tersumbat. Itu sebabnya, Kamu membutuhkan rekomendasi obat flu di apotek jenis Ekspektoran untuk mengatasi batuk dan pilek.

Ekspektoran berkhasiat untuk mencairkan lendir pada tenggorokan ketika terkena flu dan batuk. Ekspektoran juga bekerja mengencerkan dahak yang ada di paru-paru agar mudah dikeluarkan.

Kandungan guaifenesin pada Ekspektoran untuk meningkatkan kadar air dalam lendir serta mengencerkannnya. Guafenesin juga berkhasiat agar Kamu batuk-batuk sehingga dahak mudah dikeluarkan.

Kamu bisa memilih jenis Ekspektoran bentuk sirup atau tablet dan diminum sebelum atau sesudah makan sesuai petunjuk di kemasan. Setelah itu, Kamu dianjurkan banyak minum air putih untuk mengencerkan dahak dan melegakan saluran pernapasan.

Sakit flu menyebabkab badan terasa sakit dan pernapasan juga tersumbat sehingga menghambat aktivitasmu. Untuk mengatasinya, Kamu memerlukan rekomendasi obat flu di apotek yang cocok dengan kondisi kesehatan keluargamu.