Beberapa Hal Tentang Endoskopi yang Penting Diketahui Oleh Masyrakat Awam

Banyak sekali istilah – istilah dalam dunia medis yang jarang sekali orang awam mengerti, seperti tentang pemeriksaan endoskopi. Apa itu endoskopi ? dan kenapa endoskopi dilakukan?. Lalu bagaimana prosedur dan pemulihan pasca pemeriksaan ?

Nah, pertama kita akan sedikit membahas apa itu endoskopi. Pemeriksaan Endoskopi ialah salah satu prosedur medis, dilakukan untuk memeriksa organ tertentu dengan menggunakan instrumen khusus dan dimasukkan oleh petugas medis ke dalam tubuh.

Prosedur ini dapat membantu dokter untuk mendiagnosa dan mendeteksi gangguan ataupun masalah yang ada pada tubuh pasien. Sehingga dokter dapat mengobati penyakit dengan akurat.

Bagaimana? Sudah sedikit mengerti kan tentang apa itu endoskopi ?

Selanjutnya pemeriksaan endoskopi sering dilakukan untuk memeriksa kondisi pencernaan pasien. Pemeriksaan ini dilakukan dengan alat medis yang disebut Endoskop. Instrumen ini judi online berbentuk mirip dengan selang yang elastis, memiliki lampu dan juga kamera di bagian ujungnya. Kamera ini berguna untuk menangkap gambar setiap bagian pada organ lalu ditampilkan di layar monitor.

Lalu kenapa endoskopi dilakukan?

Hal ini dilakukan karena bertujuan untuk mengetahui apa penyebab dari keluahan yang selama ini dialami pasien. Berguna juga untuk mendeteksi dimana lokasi gangguan tersebut.

Dokter bisa memberi saran endoskopi apabila pasien mengalami masalah dan mengeluh seperti :

  • Mengalami gangguan pada saluran pencernaan, biasanya tukak lambung, GERD atau biasa disebut penyakit asam lambung, sulit menelan makanan, sakit radang usus, batu empedu dan bisa juga penakit radang pankreas.
  • Pasien mengalami masalah pada saluran pernapasan, biasanya batuk kronis, atau juga batuk yang berdarah, adanya hambatan pada jalan napas, bisa juga tumor paru, sesak napas. Dan bisa saja ada benda asing pada saluran pernapasan.
  • Ketika pasien mengalami gangguan di saluran kemih, meliputi kencing berdarah, batu pada saluran kemih atau juga kandung kemih, bisa juga terdapat luka di saluran kemih.
  • Dokter juga akan menyarankan Pemeriksaan endoskopi jik pasien mengalami gangguan di organ reproduksi ang meliputi, pendarahan pada alat vital, radang pada panggul, mengalami keguguran, kista rahim maupun infertilitas. Ada juga yang mengalami kelainan bentuk rahim dan kanker rahim.

Prosedur dan Pemulihan Pasca Endoskopi. Walaupun kalian para pembaca sebagian bukanlah dokter atau petugas medis atau , kita juga berhak mengetahui prosedur pemeriksaan endoskopi dan bagaimana pemulihan pasca pemeriksaan ini.

Dimulai dari prosedurnya, Pemeriksaan endoskopi dilakukan dengan menggunakan instrumen (alat) medis yang bernama endoskop. Kemudian alat tersebut di masukkan langsung ke tubuh. Seperti ang sudah di jelaskan di atas tadi.

Kemudian kamera pada bagian ujung selang akan menagkap gambar pada objek yang diperiksa. Dibantu dengan adanya senter, kamera pada endoskop akan lebih jelas. Kemudian endoskop memunculkan gambar pada layar monitor.

Selain itu endoskop juga dilengkapi dengan alat bedah pada ujung alat, guna melakukan prosedur medis khusus.

Sebelum itu pastinya prosedur ini harus melewati pemeriksaan fisik pada pasien secara menyeluruh oleh dokter. Biasanya pemeriksaan darah dan juga Rontgen. Kemudian dokter akan memberi pasien penjelasan mengenai prosedur endoskopi dan juga apa saja yang harus disiapkan pasien . Misal puasa atau menginap di Rumah sakit.

Lalu pemulihan pasca pemeriksaan endoskopi.  Setelah prosedur dilakukan, dokter akan menutup luka bekas sayatan dengan menjahit dan memberi perban, apabila pemeriksaan endoskopi tadi mengharuskan melalui sayatan. Setelah selesai dokter petugas medis akan memantau kondisi pasien untuk beberapa waktu kedepan.

Biasanya pasien diperbolehkan langsung pulang dan tidak perlu menjalani rawat inap.

Guna mengantisipasi kelelahan pasca pemeriksaan ataupun Jika ada rasa yang tidak nyaman karena anastesi atau penggunaan obat tertentu sebaiknya pasien beristirahat.

Pada saat di rumah sakit lebihbaik ditemani oleh keluarga maupun kerabat dekat. Sehingga ada yang bertanggungg jawab ketika ada sesuatu yang tidak diinginkan. Baik, itulah sedikit info tentang apa itu endoskopi dan prosedurnya. Dan semoga kita sehat selalu.