Bagaimana Mengetahui TDS Air Minum yang Layak

Air minum pastinya merupakan kebutuhan yang sangat penting tersedia untuk kebutuhan mineral tubuh kamu, tentunya tds air minum yang layak akan memengaruhi kesehatan tubuh yang jauh lebih baik pula dan sebaliknya air minum yang tak layak dikomsumsi akan menimbulkan berbagai macam penyakit.  

Lalu bagaimanakah tds air minum yang layak

1. Berdasarkan aspek air minum yang baik :

  • Air yang tidak berbau
  • Tidak berwarna
  • Tidak  berasa.

2. Standar kandungan padatan yang terlarut dalam air minum menurut WHO :

  • Kurang 300 mg/l kualitas air  sangat baik
  • 300 – 600 mg/l  kualitas air baik
  • 600 – 900 mg/l kualitas air bisa di minum
  • 900 – 1200 mg/l kualitas air buruk
  • Lebih dari 1200 kualitas air berbahaya

Menurut WHO sebaiknya tds air minum yang layak di atas 100 mg/l atau ppm, meskipun tds dibawah 100 mg/l atau ppm masih masih di minum tetapi kurang bervitamin bagi tubuh kamu.

3. Berikut parameter uji yang harus dilakukan oleh minuman kemasan menurut SNI 01-355-2006, air kemasan juga  terbagi menjadi dua yaitu :  

NoParameterSatuanPersyaratan  Air MineralPersyaratan Air Demineral
1BauTidak berbauTidak berbau
Rasa NormalNormal
WarnaUnit Pt.CoMaksimal 5Maksimal 5
2Ph6,0 – 8,55,0 – 7,5
3KekeruhanNTUMaksimal 1,5Maksimal 1,5
4Zat terlarut  mg/lMaksimal 500Maksimal 10
5Total organik karbonMg/l Maksimal 0,5

Bagaimana cara pengolahan air

Pengolahan air menurut sumbernya ada 2, yaitu pengolahan air sumur dan pengolahan air sungai

  1. Pengolahan air sumur

Air sumur memang bisa digunakan untuk konsumsi namun karna air sumur merupakan air dangkal sehingga sebelum di konsumsi harus diolah untuk menjadi tds air minum yang layak tentunya. Cara pengolahan air sumur untuk menjadi air minum yaitu air dipompa yang kemudian di live casino campurkan dengan larutan kaporit dan larutan klorin yang kemudian akan di alirkan ke tangki reaktor. Kemudian air dari tangki reaktor akan di alirkan pada saringan pasir yang berguna untuk menyaring oksida, mangan, dan besi. Setelah itu air akan dialirkan ke filter mangan zeolite yang berguna untuk menghilangkan zat besi ataupun kaporit.

  • Pengolahan air sungai

Di beberapa daerah Indonesia masih banyak air sungai yang sangat bersih yang dapat kamu temui, namun tetap saja untuk untuk menjadi air minum yang layak di konsumsi tentunya air sungai perlu di olah secara khusus. Biasanya air sungai di proses dengan cara air sungai akan di tamping ke sebuah bak penampungan yang sudah di beri saringan kasar. Kenapa diberikan saringan besar hal ini di karenakan untuk memisahkan partikel – partikel yang tidak di butuhkan. Setelah itu air dialirkan ke bak penampungan lainnya yang kemudian akan di berikan tawas dan klor. Kemudian air akan dipanas kan dengan suhu tinggi dan air tersebut sudah boleh dikonsumsi.

Apa dampak mengkonsumsi air minum tanpa mineral

Air minum hasil penyulingan tanpa mineral yang diolah menggunakan teknologi reverse osmosis (RO) menurut WHO dapat menyebabkan beberapa hal berikut ini bagi tubuh:

  • Kurangnya kemampuan tubuh memproduksi darah.
  • Kurangnya kadar magnesium (Mg) mengganggu peredaran darah sehingga. menyebabkan serangan jantung.
  • Sering buang air kecil.
  • Saraf tidak optimum karna kekurangan kalium dalam badan.
  • produksi keringat berlebih, sesak nafas, sembeli, menurunnya daya tahan tubuh, karna kurangnya kalsium (Ca).

Tentunya jika mengkonsumsi air minum yang kayak akan membuat tubuh kamu jauh lebih sehat, contohnya akan menjaga kesehatan tulang,meningkatkan imun, merawat jantung dan yang lain – lainnya.