Suka Aktivitas Luar Ruangan? Baca Ini Bahaya Heatstroke

Berjemur dibawah sinar matahari tentunya sangatlah menyenangkan bagi tubuh. Dengan kandungan vitamin D yang bisa didapatkan dari sinar matahari, akan mampu menambah kekebalan daya tahan tubuh. Namun tahukah kamu, jika berjemur di panas yang terlalu tinggi juga tidaklah baik. Cuaca panas ekstrem dapat menyebabkan penyakit seperti bahaya Heatstroke.

Di negara dengan suhu tropis seperti di Indonesia tentunya suhu panas sudah menjadi biasa. Ketika musim panas tiba, setiap orang juga bersukacita karena bisa memulai banyak aktivitas yang tertunda saat musim hujan datang. Namun di daerah tertentu, suhu panas yang ada kadang melebihi batas toleransi tubuh.

Tahukah kamu apa itu Heatstroke? Yakni sebuah keadaan dimana tubuh bisa terasa sangat panas  hingga mungkin menyentuh angka 40 derajat Celcius. Sekalipun kamu merasa jika sudah akrab dengan yang namanya panas terik, namun keadaan heatstroke juga harus diwaspadai karena bisa memicu penyakit lainnya.

Tanda-Tanda dan Cara Penanggulangan Bahaya Heatstroke

Kamu mungkin merasa baik-baik saja berada dipanas terik dengan keadaan berolahraga. Kamu mungkin berpikir itu akan aman. Padahal tidak!. Beraktivitas diluar ruangan dengan panas yang terik sekalipun dalam keadaan berolahraga, tetaplah bisa menyebabkan heartstroke.

Tanda-Tanda

  • Suhu yang meningkat cepat mencapai angka kisaran 40 derajat Celcius
  • Mulai timbul rasa pusing disertai sakit pada kepala
  • Kulit yang berubah kemerahan dan kering
  • Keringat tidak keluar padahal suhu tinggi
  • Mual bahkan muntah
  • Otot mengalami lemas dan kram
  • Debaran jantung yang meningkat
  • Merasa bingung dan gelisah sehingga cenderung mudah marah
  • Kejang dan beberapa kasus sampai pada pingsan jika dibiarkan

Tanda-tanda diatas secara umum dirasakan jika kamu mengalami heatstroke. Apabila kamu menjumpai orang sekitarmu dengan tanda diatas, segeralah lakukan pertolongan pertama.

Cara Penanggulangan Heatstroke

  1. Pindahkan ketempat teduh dan lebih sejuk

Ini adalah langkah yang paling pertama. Jangan biarkan pasien heatstroke tetap dibawah sinar matahari. Pindahkan pada tempat yang lebih sejuk, dibawah pohon, dalam ruangan, atau jika ada ruang ber-AC pindahkanlah kedalamnya. Kendorkan pakaian atau lepas dan ganti dengan pakaian yang lain.

2. Kompres dengan air pada seluruh tubuh

Jika ternyata cara satu tidak mengurangi bahaya heatstroke, segeralah ambil air. Kompreskan pada seluruh tubuh dengan handuk. Usahakan dengan air dingin agar lebih cepat terasa. Jangan lupakan bagian-bagian penting seperti leher, ketiak dan selangkangan judi slot karena sekalipun terlihat remeh pada nyatanya ini adalah titik panas yang suhunya harus segera diturunkan. Jika ada semprot air, gunakan untuk menyemprot pada pasien. Apabila pasien heatstroke seusai berolahraga, atau lansia, atau anak-anak maka jangan gunakan kompres es.

3. Air putih

Untuk mengurangi panas yang ada, minumkan air putih sekalipun agak dipaksa. Berikan minuman dengan suhu normal, jangan digin, jangan berkafein ataupun jangan yang terlalu manis. Minum air putih akan membantu agar tubuh segera terhidrasi dengan cukup sehingga heatstroke tidak menimbulkan dehidrasi yang parah.

Dalam pencegahan bahaya heatstroke, kamu juga bisa menggunakan tabir surya minimal SPF 30 untuk melindungi kulit dari bahaya paparan matahari. Selain itu gunakan busana yang sesuai dengan cuaca. Perhatikan suhu sekitar saat beraktivitas dan segera akhiri aktivitas luar ruangan jika dirasa terlalu panas. Bawa botol air kemanapun kamu pergi dan seringlah konsumsi sayuran dan buahan yang kaya akan air.

Untuk kamu yang suka beraktivitas di siang hari, jangan lupa perhatikan suhu lingkungan ya!.