Cara Menjaga Gigi Dan Gusi Efektif Dan Mudah Dilakukan

Kesehatan tubuh harus dijaga setiap hari. Termasuk kesehatan yang berhubungan dengan mulut. Maka, penting mengetahui cara menjaga gigi dan gusi yang benar. 

Gigi dan gusi yang kurang perawatan akan mempermudah kuman masuk. Alhasil, penyakit bisa masuk dan menginfeksi tubuh. Beberapa penyakit berbahaya bisa muncul akibat gangguan dari gusi dan gigi. 

Gusi berdarah, penyakit ini disebabkan infeksi kuman di bagian jaringan tulang penyangga dan jaringan lunak pada gigi. Resesi gusi, penyakit ini akibat jaringan longgar pada gusi tertarik. Jika dibiarkan kuman bisa masuk dari akar gigi yang terbuka. Akibatnya, gigi dan gusi bisa rusak atau patah dengan sendirinya. 

Infeksi paru-paru juga akibat dari gusi dan gigi yang tidak sehat. Parahnya lagi penderita infeksi ini bisa berakhir dengan penyakit paru obstruktif kronis (PPOK) hingga merambat ke jantung koroner. 

Merawat gigi dan gusi tidak hanya dengan menyikat gigi saja. Terdapat perawatan lain supaya gigi dan gusi menjadi lebih sehat. 

8 Cara Menjaga Gigi Dan Gusi Tetap Sehat

Perawatan gigi dan gusi harus dilakukan dengan rutin.  Bukan hanya sikat. Namun, ada cara perawatan yang dibutuhkan lainnya, seperti:

  1. memakai benang gigi

Tidak jarang gigi sering terselip makanan. Kondisi ini bisa menyebabkan area gusi membengkak. Memang bisa jika dibersihkan dengan sikat gigi. Namun, kadang sikat gigi mpo88 tidak bisa menjangkau letak selilit makanan itu. 

Oleh karena itu, gigi perlu dipakaikan benang gigi atau dental floss. Alat ini berguna mengangkat sisa makanan yang nyangkut di gigi. 

penelitian menyatakan menggunakan benang gigi begitu efektif. Benang gigi bisa membantu mencegah gusi bengkak dan berdarah. 

2. Jangan merokok

Merokok dengan intensitas sering, bisa berakibat buruk. Sel dalam tubuh bisa rusak dan aliran darah terganggu. Parahnya jaringan lunak dan tugas sekitar gigi bisa terdampak. 

Perokok aktif rentan terserang penyakit gigi dan tulangnya. Tidak jarang sering ditemui perokok aktif, gigi dan gusinya rusak. Merokok berkelanjutan bisa membuat sesak nafas, leukoplakia, hingga kangen mulut. 

3. Memakai sikat gigi mengandung fluorida

Kandungan fluorida mampu membangu sel-sel dalam gigi. Memilih pasta gigi berfluorida, menambah gigi dan gusi tetap sehat. Menjaga kerusakan gigi dan mengurangi kuman dalam mulut.

4. Pola makan harus dijaga

Mengkonsumsi makanan sehat bisa membantu memperkuat gigi. Tidak dianjurkan memakan makanan dengan kandungan gula dan soda yang tinggi. Hal ini bisa meningkatkan risiko abses dan gigi berlubang.

5. Berkumur menggunakan obat kumur dan garam

Obat kumur yang dianjurkan setidaknya mengandung Menthol, Thymol, Eucalyptol, dan Methyl salicylate. Kandungan ini bagus membunuh kuman hingga mencegah pembentukan plak gigi. 

Cara alami berkumur adalah memakai larutan garam. Garam mudah ditemukan dan harganya lebih bersahabat. Rutin berkumur larutan air garam bisa membantu melemahkan kuman sampai meredakan tenggorokan. 

Berkumur sebaiknya dilakukan sekitar 30-60 detik. Imbangi dengan menggosok gigi dengan rutin, supaya proses perawatan gigi semakin menyeluruh. 

6. Minum banyak air putih

Tubuh terdiri dari 70%-80% kandungan air. Minum cukup air, membantu membersihkan sisa makanan yang menempel di gigi. Sehingga gigi dan gusi bersih dari efek negatif sisa makanan.

7. Biasakan mengunyah permen karet bebas gula

Permen karet bebas gula dipercaya bisa meningkatkan produksi air liur dalam tubuh. Mengunyahnya secara rutin bisa membantu membersihkan gigi. Secara air liur yang meningkat, bisa membantu menghilangkan dan menetralkan asam dalam mulut. 

Proses mengunyah juga bisa membantu memperkuat otot-otot gigi. Lakukan kegiatan ini setidaknya sehari sekali, jika memungkinkan.

8. Rutin periksa gigi ke dokter gigi

Periksa gigi ke dokter gigi jangan menunggu gigi sakit. Sebaiknya 6 bulan sekali cek kesehatan gigi dengan rutin. Sehingga penyakit pada gusi dan gigi bisa dicegah.  Itulah cara menjaga gigi dan gusi yang bisa dipraktekkan dengan mudah. Jaga kesehatan gigi dan gusi sejak dini. Silahkan share dan berbagi pengalaman dengan orang-orang disekitarmu. Semoga bermanfaat