Memilih Obat Batuk Dosis Rendah Untuk Anak

Penyakit batuk memang menjadi hal yang mengganggu. Apalagi bagi orang tua yang mengalami anak – anaknya menderita batuk. Namun saat ini masih banyak orang tua yang belum tahu tentang obat batuk dosis rendah untuk anak – anak.

Pada anak atau bayi, batuk adalah tanda bahwa mereka mengalami suatu gejala. Penyebabnya bisa berbagai macam, biasanya adalah bakteri dan virus. Namun bisa juga karena adanya kelainan pada saluran pernapasan.

Memberikan obat batuk untuk anak apalagi bayi harus selektif. Karena berbeda dengan orang dewasa, dosis pada anak harus rendah.

Ada beberapa kandungan pada obat batuk. Yakni Ibuprofen dan Paracetamol.

Ibuprofen pada obat batuk berguna untuk mengurangi demam dan peradangan. orang tua bisa memberikan ini ketika anak sudah berusia minimal 3 bulan. Atau dengan minimal berat 5 Kilogram.

Kandungan paracetamol juga sama, meredakan mpo88 demam dan nyeri tetapi bukan untuk mengurangi pembekakan atau peradangan. paracetamol cenderung lebih aman pada bayi daripada ibuprofen. Jadi sebelum makan anak bisa mengonsumsinya.

Ada beberapa merk obat  batuk untuk anak yang ada di apotek dan juga obat batuk alami. Mari simak apa saja.

Obat Batuk Dosis Rendah Untuk Anak

  • AnaKonidin Syrup. Obat ini mengandung Dextromethrophan. Sehingga frekuensi batuk pada anak dapat berkurang. Kadungan Guaienesin bisa mengencerkan dahak. Dan dahak bisa keluar bersamaan ketika anak batuk.

Ada juga kandungan Pseudoephdrine yang dapa menghilangkan hidung tersumbat. AnaKonidin kuga mengandung anti histamin (anti alergi) dan dextromethorpan unutk anti batuk kering.

  • Obat Batuk Anatuk Herbal. Obat ini berbahan dasar alami. Mengandung madu dan berbagai macam obat herbal lainnya. Obat ini efektif untuk melegakan pernapasan.
  • Uni Baby’s  Cough Syrup. Obat batuk ini mengandung paracetamol, chlorpheniramini maleat dan lainnya. Sehingga dapat mengatasi gejala flu pada bayi. Mengurangi batuk, demam, maupun pilek pada balita dan bayi.

Berikan 2.5 ml tiga kali sehari untuk anak yang berusia dibawah 1 tahu. Harga untuk 60 ml obat ini berada dikisaran  7 ribu hingga 12 ribu.

  • Obat batuk Mucos Drop. Obat ini efekti untuk menangani masalah pernapasan pada anak. Mengatasi batuk berdahak dan juga banyak lendir.

Obat ini mengandung ambroxol, berguna untuk mengencerkan dahak. Sehingga daha bisa keluar bersamaan ketika anak sedang batuk. Dosis yang diperlukan hanya 0.5 ml dan berikan 2 kali sehari.

  • Sanmol Syrup. Sanmol mengandung paracetamol. Obat ini efektif untukmengatasi demam. Dan juga gajala yang bersamaan dengan batuk seperti pilek maupun nyeri. Sehingga dapa meringankan batuk pad anak.
  • Obat Batuk Mucera Drop. Obat ini mengandung ambroxol yang berguna mengencerkan dahak pada penderita. Selain itu dapat mengurangi nyeri pada tenggorokan ketika batuk.

Obat ini efektif unutk meredakan penyakit seperti bronkiektasis, peradangan paru, bronkitis maupun asma bronkial.

Selain obat yang ada di apotek, obat batuk alami pada bayi juga sangat efektif. Misalnya :

  • Mandi air hangat. Pastikan air hangat ini memiliki suhu yang cukup. Tidak telalu dingin dan tidak terlalu panas. Mandi dengan air hangat untuk bayi cukup efektif mengurangi batuk.

Ketika memandikan bayi, posisikan bayi untuk tengkurap. Lalu tepuk – tepuk ringan pada bagian punggung bayi agar dahak dapat keluar.

  • Air Susu Ibu. ASI memang merupakan asupan utama untuk bayi. Karena ASI mengandung apa yang dibutuhkan bayi seperti sel darah putih. Sehingga dapat membantu bayi unutk melawan batuk.

Nah, itulah beberapa obat batuk dosis rendah dan obat batuk alami untuk anak. Jika sakit berkelanjutan dan semakin parah ada baiknya anda secepatnya menemui dokter. Semoga bermanfaat dan terimakasih.