Kenali Bahaya Vape Untuk Kesehatan

Dikalangan remaja, pasti sudah tidak asing lagi dengan Rokok Elektrik atau Vape. Meskipun banyak pengguna dan pecandunya, vape memiliki beberapa resiko dan bahaya. Yuk, kita simak dan kenali Bahaya Vape Untuk Kesehatan.

Vape atau Rokok elektrik sering dianggap lebih aman oleh beberapa pihak. Memang benar ada beberapa cairan vape yang tidak mengandung zat berbahaya seperti rokok tembakau. Rokok tembakau memiliki zat berbahaya seperti karbon monoksida dan TAR.

Namun ada juga yang menganggap bahwa berbahaya. Padahal nyatanya masih banyak cairan vapor yang masih menggunakan zat adiktif seperti nikotin.

Cairan pada vape yang mengandung nikotin dibuat dari ekstrak daun tembakau. Namun memiliki perbedaan karena cairan pada vape memiliki campuran rasa dan aroma. Sehingga para pengguna lebih memilih vape karena menggugah selera.

Kendati demikian, masih banyak pengguna yang merasa lebih aman vape dibanding rokok konvensional. Simak seberapa bahaya vape yang mungkin mengintai anda.

Beberapa Bahaya Vape Untuk Kesehatan

  • Menyebabakan anda ketagihan. Sama dengan rokok konvensional dari tembakau, vape juga ada yang mengandung bahan adiktif seperti nikotin. Nikotin adalah zat yang telah di ekstrak dari daun tembakau.

Ketika nikotin masuk kedalam tubuh kita, maka ini akan merangsang otak untuk memproduksi hormon dopamin dalam jumlah yang tidak sedikit. Dopamin adalah hormon yang mengendalikan emosi. Membuat suasana hati menjadi lebih rileks dan bahagia.

Hal ini lah yang membuat kita menjadi kecanduan dan ingin mendapat lebih. Jika sudah kecanduan, maka akan sulit untuk menjauhinya.

Terlalu banyak nikotin di tubuh juga tidak baik karena dapat membuat kita mengalami gejala mual sampai muntah.

  • Berbahaya untuk paru – paru. Cairan pada vapor sering dirasa lebih aman. Karena tidak terbuat dari ekstrak temabakau layaknya rokok konvensional. Namun tidak berarti bahwa ini tidak memiliki resiko.

Apalagi yang sudah tercampur dengan nikotin. Hal ini akan meningkatkan resiko terjadinya radang pada paru – paru. Selain itu juga mpo88 dapat mengurangi kemampuan jaringan  yang melindungi paru – paru.

Ada juga zat yang terkandung seperti iasetil. Zat ini menimbulkan resiko anda terkena bronkiolitis obliterans atau popcorn lung.

  • Menyebabkan gangguan pada kandungan. Pada ibu mengandung, yang terpapar asap secara aktif maupun pasif akan meningkatkan resiko terjadinya masalah pada kandungannya.

Selain menimbulkan masalah kesehatan janin, kandunan zat berbahaya pada vape juga mengganggu perkembangan janin.

Sedangkan untuk anak – anak. Jika terpapar zat berbahaya akan menimbulkan pengaruh pada daya ingat dan perkembangan otak.

  • Meningkatkan resiko penyakit jantung. Uap pada vape, beberapa masih mengandung bahan berbahaya. Seperti contoh nikotin.

Zat berbahaya lainnya juga dapat meningkatkan kadar hormon adrenalin pada otak. Padahal hormon ini hanya akan muncul ketika anda sedang stress atau terancam. Ketika kadar meningkat, jantung akan berdetak lebih cepat.

Sehingga darah mengalir cepat ke seluruh tubuh. Jika jantung dipaksa kerja keras dan terlalu lama dibiarkan, akan meningkatkan resiko serangan jantung dan kematian mendadak.

  • Resiko terkena kanker. Kandungan formaldehida pada cairan vape sifatnya karsinogenik. Sehingga jika terpapar terlalu lama maka akan meningkatkan munculnya sel – sel kanker.

Bahaya lain yaitu nikotin yang ditambahkan pada cairan vape. Hal ini bisa meningkatkan resiko keracunan nikotin. Apalagi jika terhirup oleh anak – anak. Pastikan untuk menyimpan atau membuang jauh dari anak – anak.

Beberapa tanda ketika keracunan nikotin adalah mual, muntah, produksi liur meningkat, pucat dan tubuh gemetar. Setelah mengetahui apa saja bahaya vape untuk kesehatan, pastikan anda lebih berhati – hati untuk menggunakannya. Karena bahaya yang dimiliki mirip dengan roko konvensional. Ada baiknya jika anda berhenti dari kebiasaan ini demi kesehatan anda. Terimakasih.