Jenis Vitamin dan Tips Jaga Imun Saat Musim Hujan

Musim hujan memiliki ketertarikan tersendiri untuk setiap orang, mulai dari aroma hujan yang khas, udara yang sejuk, sampai kenikmatan dari secangkir teh hangat. Namun, dari semua itu, musim hujan juga memiliki banyak ancaman bagi kesehatan jika kurang jaga imun saat musim hujan.

Pada waktu musim hujan, maka genangan air menjadi semakin menumpuk sehingga mengundang perhatian nyamuk. Selain itu, kuman akan cenderung lebih rajin berkembang biak dan bertahan lama  pada keadaan lembab.

Tidak heran pada musim ini penyakit, seperti infeksi flu dan kulit, makin mewabah. Belum lagi jika banjir melanda, kondisi ini dapat memicu berbagai penyakit, antara lain mpo88 demam tifoid, leptospirosis, kolera, malaria, dan demam berdarah dengue. Maka langkah-langkah untuk jaga imun saat musim hujan diantaranya :

  1. Menjaga pola makan.

Lebih banyak mengkonsumsi makanan sehat dan hindari junk food. Jika susah menentukan takarannya, coba gunakan perbandingan 80/20 antara comfort food/junk food dan makanan sehat yang kita konsumsi. Perbanyak asupan sayuran dan buah. Pastikan takaran protein yang dimasak dengan cara tepat ( lebih baik hindari deep fried) cukup.

  • Jangan lupa minum air mineral atau air putih secukupnya.

Teurtama jika bagi kita yang cukup aktif bergerak, atau sebaliknya, dan untuk yang sering dalam posisi duduk.

  • Tidur dengan cukup di malam hari.

Tidak menjadi masalah jika kita sulit curi waktu untuk tidur siang. Yang penting, jalani tidur berkualitas selama 7-8 jam di malam hari.

  • Tetap berolahraga.

Cuaca mendung dan dingin sama sekali bukan halangan untuk tetap rutin aktiftas fisik. Di dalam rumah pun bisa dilakukan seperti cardio atau yoga. Pastikan langsung mengganti baju setelah selesai latihan supaya tidak masuk angin.

  • Rajin mencuci tangan.

Ini merupakan trik sederhana tapi dapat ampuh untuk mencegah kuman penyakit masuk ke dalam tubuh. Bahkan, setelah kita memegang ponsel. Ponsel merupakan salah satu benda yang paling banyak kumannya/

  • Kendalikan stres.

Kita sering kali menganggap remeh efek emosi negatif dan tekanan terhadap tubuh. Padahal, segala cara kita, mulai dari makan makanan sehat secara teratur sampai dengan rutin berolahraga, akan menjadi percuma ketika pikiran dihampiri stres berkepanjangan.

  • Jika perlu tambahkan suplemen vitamin.

Saat memasuki pergantian musim dengan kegiatan segudang dan tidur pada malam hari sering di bawah 7 jam, jangan ragu mengkonsumsi vitamin C dengan dosis yang tinggi untuk menjaga daya tahan tubuh.

Jenis- jenis Vitamin Untuk Jaga Imun Saat Musim Hujan

Melansir Cleveland Clinic, Ahli diet Julia Zumpano menyebut ada tiga jenis vitamin yang dapat memperkuat untuk jaga imun saat musim hujan. Antara lain:

  1. Vitamin C

Vitamin C adalah salah satu sumber untuk menjadi pendorong sistem kekebalan tubuh. Untuk memenuhi asupan Vitamin C, kita dapat mengonsumsi makanan seperti jeruk, stroberi, paprika, bayam, kangkung, dan brokoli. Asupan vitamin C harian sangat penting untuk kesehatan. Pasalnya, sistem tubuh kita tidak bisa memproduksi secara mandiri. Berdasarkan info baiknya, vitamin C terdapat dalam banyak makanan sehingga kita tidak perlu minum suplemen vitamin C kecuali atas rekomendasi dokter.

  • Vitamin B6

Vitamin B6 sangat penting untuk mendukung reaksi biokimia dalam sistem kekebalan tubuh. Untuk mendapatkan asupan vitamin B6, kita bisa sering konsumsi sayuran hijau. Selain itu, protein dari ayam, ikan salmon, dan tuna juga kaya kandungan vitamin B6.

  • Vitamin E

Vitamin E merupakan antioksidan yang dapat membantu tubuh melawan infeksi. Selain itu, vitamin E juga dapat membantu menjaga kesehatan mata, kulit dan mencegah kerusakan sel karena efek dari radikal bebas. Ada banyak makanan yang bisa membantu memenuhi kebutuhan vitamin E . Antara lain telur, daging ayam, kacang, alpukat, biji bunga matahari, minyak sayur, sayuran berdaun hijau gelap seperti bayam, hingga sereal yang sudah diperkaya.

Menerapkan poin-poin tersebut untuk diri sendiri akan terasa mudah apabila kita memahami dampak baiknya—juga konsekuensi pahit yang harus ditanggung jika tidak. Perubahan cuaca di luar bukanlah sesuatu yang dapat kita kendalikan.

Namun, tidak demikian dengan pilihan-pilihan untuk hidup lebih sehat. Dengan upaya sederhana, ternyata kita mampu menjadikan tubuh perisai yang kuat terhadap berbagai penyakit.