7 Cara Ampuh untuk Sembuhkan Nyeri Punggung

Apakah kamu pernah mengalami nyeri punggung ? Nyeri punggung sendiri memang bisa terjadi kepada siapa saja. Penyebabnya seperti olahraga berlebihan, mengangkat beban berat, duduk dalam waktu lama, posisi tidur yang salah, dan memakai tas gendong yang tidak pas. Maka dari itu kamu perlu mengetahui cara untuk sembuhkan nyeri punggung.

Nyeri punggung sendiri biasanya tidak menjadi tolak ukur suatu penyakit yang serius. Dengan penanganan dan obat yang tepat, biasanya dapat segera membaik seiring waktu. Langsung saja berikut cara untuk menyembuhkan nyeri punggung :

  1. Meminum obat pereda nyeri

Jika nyeri yang dirasakan sedikit mengganggu, kamu bisa menggunakan obat pereda nyeri agar lekas stabil. Anti inflamasi nonsteroin dan asetaminofen adalah yang biasanya sering digunakan. Kamu dapat membeli kedua obat ini dengan mudah di apotek.

Namun perlu dicatat bahwa kedua obat ini memiliki efek samping. Maka untuk lebih baiknya lagi, berkonsultasilah dengan dokter sebelum menggunakannya. Demikian maka dapat membantu sembuhkan nyeri punggung dengan efektif.

  • Mengompres dengan air panas

Mengompres bagian yang nyeri dengan air panas juga menjadi salah satu alternatif yang dapat digunakan. Dengan air panas, otot yang sedang tegang dapat menjadi rileks sehingga rasa nyeri juga dapat berkurang. Kamu bisa mengompres secara berkala dalam sehari untuk mendapatkan hasil yang mksimal.

  • Memperhatikan posisi tidur

Seperti telah disebutkan diatas, posisi tidur yang salah juga dapat menjadi penyebab nyeri punggung. Maka kamu sebaiknya memperhatikan posisi tidur mpo88 untuk menghindari nyeri punggung. Bagi yang sudah dalam nyeri punggung, posisi tidur yang benar juga dapat membantu meredakan nyeri punggung.

  • Tetap bergerak

Segala jenis rasa sakit memang membuat penderitanya ingin beristirahat dan berharap agar rasa sakit dapat mereda. Namun sebenarnya, tetap melakukan aktifitas dapat membatu mempercepat penyembuhan. Hal ini berlaku juga untuk nyeri punggung.

Tetap beraktifitas disini maksudnya adalah dengan tidak berbaring seharian. Demikian maka diharapkan tetap menjalankan berbagai aktifitas ringan. Juga bisa digunakan untuk berolahraga ringan seperti jalan kaki.

  • Terapi fisik

Jika kamu merasa nyeri punggung terus berlanjut, maka pertimbangkan juga untuk melakukan terapi fisik. Kita dapat melakukannya dengan bantuan erapis yang telah berpengalaman. Disini kamu akan diajarkan dan juga diberi beberapa latihan untuk mengatasi sakit punggung.

Terapi fisik ini biasanya juga didasarkan pada seberapa parah nyeri punggung yang dirasakan. Jika dirasa perlu, maka terapis bisa menambahkan perawatan lain seperti stimulasi listrik dan terapi ultrasonik.

  • Menenangkan tulang belakang

Jika nyeri punggung ini baru kamu rasakan, maka sebaiknya segera memberikan pertolongan pertama berupa menenangkan tulang belakang. Caranya adalah dengan meletakkan bantal di pangkuan kemudian kamu telungkup hingga kepala menyentuh bantal. Tetap berada dalam posisi ini kira-kira sekitar 5 menit.

Meski sederhana, gerakan ini dapat membantumu untuk melepaskan ketegangan pada otot bagian punggung. Selain itu juga daat mengembalikan keselarasan tulang.

  • Merendam kaki dalam air garam

Garam dapur yang sering kita gunakan untuk memasak ternyata juga dapat membantu sembuhkan nyeri punggung. Caranya adalah melarutkan sekitar satu cangkir garam kedalam air satu ember. Kemudian kamu rendam kaki selama 5 sampai 7 menit.

Cara kerja cara ini adalah dengan magnesium yang akan membantu mengendurkan saraf dan melepaskan ketegangan otot. Karena garam yang larut dalam air akan terurai menjadi sulfat dan magnesium. Demikian tujuh cara untuk sembuhkan nyeri punggung. Poin pentingnya adalah jangan melakukan aktifitas berat saat dalam keadaan nyeri. Lebih disarankan untuk melakukan aktifitas ringan daripada berbaring secara terus menerus. Semoga ulasan ini membantu ya.