Cara Penggunaan Obat Tidur Aman

Pernahkah kamu mengalami gangguan kesulitan tidur?. Padahal badan sudah lelah dan ingin istirahat?. Lalu pernahkah kamu menggunakan obat tidur sebagai alternatif?. Nah, jika kamu termasuk salah satu yang pernah menggunakan obat tidur, kenali dulu obat tidur aman agar tidak membahayakan kesehatanmu.

Obat tidur adalah jenis obat yang dimanfaatkan sebagai pengobatan jangka pendek dalam menghadapi suatu gangguan tidur. Obat tidur tidak bisa digunakan secara bebas namun harus dengan anjuran dokter. Obat tidur dengan penggunaan yang tidak tepat akan menimbulkan efek samping yang membahayakan tubuh.

Cara Penggunaan Obat Tidur Aman

Obat tidur harus digunakan secara hati-hati mengikuti arahan dari dokter. Jika digunakan secara bebas, insomnia atau gangguan sulit tidur bukan mereda namun justru menimbulkan ketergantungan pada obat yang akhirnya memicu efek samping lain yang membahayakan. Berikut cara penggunaannya:

  1. Hindari mengonsumsi obat tidur jika tubuh masih dalam keadaan normal yang sebenarnya bisa tidur secara biasa. Namun apabila memang harus menggunakan obat tidur, wajib untuk mengkonsultasikan dengan dokter lebih dahulu.
  2. Ceritakan secara lengkap tentang keadaan kesehatan kamu termasuk obat apa saja yang pernah atau sedang dikonsumsi dan obat apa yang menjadi alergi. Hal ini agar memberikan mpo88 kejelasan untuk dokter meresepkan obat.
  3. Beritahukan pada dokter jika kamu memiliki penyakit hipertensi atau gangguan pada hati.
  4. Baca dengan teliti cara aturan penggunaan obat yang ada pada kemasan obat.
  5. Jangan coba-coba untuk mengonsumsi obat tidur dengan dosis yang lebih banyak dari apa yang sudah diresepkan oleh dokter.
  6. Jangan meminum alcohol Ketika kamu juga mengonsumsi obat tidur.
  7. Ketika akan menggunakan obat tidur pastikan kamu memiliki banyak waktu untuk tidur atau tidak sedang berencana bepergian di keesokan harinya.
  8. Jangan mengendarai kendaraan sendiri seusai kamu meminum obat tidur.
  9. Hubungi dokter apabila kamu mengalami keluhan atau masalah lain yang timbul seusai konsumsi obat tidur.

Efek Samping Obat Tidur

Sebagaimana umumnya obat-obatan, obat tidur juga memiliki efek samping yang penting untuk diketahui. Pada beberapa penderita asma, mengonsumsi obat tidur akan menyebabkan gangguan pada pernapasan. Sedangkan bagi beberapa lainnya, efek samping yang mungkin timbu adalah:

  1. Perubahan nafsu makan
  2. Kesemutan dan panas pada kaki atau tangan
  3. Sembelit atau susah buang air besar
  4. Pusing
  5. Sulit menjaga keseimbangan
  6. Mengantuk pada waktu siang
  7. Mulut dan tenggorokan yang terasa kering
  8. Perut kembung atau penuh gas
  9. Kesulitan beraktivitas pada keesokan harinya
  10. Daya ingat dan fokus terganggu
  11. Perut sakit
  12. Tubuh menggigil
  13. Bermimpi aneh
  14. Lemas

Bagi beberapa pengguna obat tidur lainnya bisa jadi mendapatkan efek samping Parasomnia atau kondisi dimana seseorang bisa tidur sambil berjalan. Kondisi ini tentunya mengkhawatirkan karena penderita tidak akan sadar apa saja yang dilakukannya saat tidur sambal berjalan.

Obat tidur juga dapat menimbulkan alergi seperti:

  1. Nyeri pada dada
  2. Pandangan buram
  3. Bentol tubuh
  4. Suara jadi serak
  5. Gatal pada tubuh
  6. Perut mual
  7. Jantung berdetak lebih kencang
  8. Wajah dan lidah yang membengkak
  9. Muntah

Itulah mengapa penting untuk tau cara penggunaan obat tidur aman agar menghindari efek samping yang justru membahayakan. Terus lakukan pemeriksaan kesehatan diri dan konsumsi makanan sehat agar pola tidur kamu juga terjaga.