KHASIAT DAUN KATUK

Tak hanya untuk melancarkan ASI saja daun katuk juga memiliki banyak manfaat lainnya. Khasiat daun katuk sangatlah banyak. Jika di konsumsi oleh ibu yang menyusui akan membuat produksi ASI menjadi banyak dan melimpah.

Daun katuk sendiri banyak yang meneliti bisa menghasilkan hormone prolactin dan oksition yang sangat bermanfaat untuk ibu menyusui. Tak hanya itu khasiat daun katuk juga bagus untuk kesehatan tubuh kita. Daun katuk ini juga banyak di olah masyarakat Indonesia sebagai campuran makanan dan juga sering di konsumsi sebagai lalapan.

6 Khasiat Daun Katuk

Daun yang satu ini sangat banyak mengandung vitamin A, vitamin B kompleks dan mengandung antioksidan yang tinggi antara lain polifenol, flavonoid, lutein dan zeaxanthin. Berikut ini beberapa khasiat daun katuk yang lain :

1. Untuk Mencegah Obesitas

Biasanya orang yang obesitas atau kelebihan berat badan akibat menumpuknya lemak ini biasanya memiliki banyak keluhan pada tubuhnya. Daun katuk ini bisa membantu meluruhkan lemak bila dikonsumsi. Tapi kamu jangan terlalu berlebihan untuk mengonsumsinya.  

2.  Untuk Menurunkan Kadar Gula Dalam Darah

Ada sebuah riset yang telah membuktikan kalau daun katuk ini bisa menyetabilkan dan menurunkan kadar gula dalam darah. Maka dari itu daun katuk ini sangat baik bila dikonsumsi orang yang memiliki riwayat diabetes.

3. Untuk Mengatasi Peradangan

Manfaat daun katuk yang lain adalah untuk mengatasi peradangan karena dalam kandungan daun katuk terdapat zat anti radang. Yang mana radang adalah sebuah reaksi mpo88 alami saat tubuh kamu mengalami infeksi atau cidera yang akan membaik sendirinya. Dan bila di obati dengan daun katuk ini radang akan segera membaik.

4. Untuk Menyembuhkan Luka

Karena daun katuk memiliki antioksidan yang tinggi dan juga memiliki efek anti radang maka daun katuk juga bisa untuk mempercepat penyembuhan luka. Daun katuk juga memiliki kandungan anti bakteri maka hal ini juga bisa membantu proses pemulihan dengan cepat.

5. Untuk Meningkatan Kekebalan Tubuh Dan Daya Tahan Tubuh

Kandungan vitamin yang banyak dalam daun katuk ini juga sangat bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan juga bagus untuk daya tahan tubuh, agar terhindar dari berbagai macam penyakit. Banyaknya kandungan vitamin C, vitamin A dan antiokisidan ini membuat daun katuk ini memiliki sifat anti inflamsi dan anti jamur.

6. Untuk Mengobati Influenza

Daun katuk juga berkhasiat mengobati influenza karena kandungan kalsium, zat besi, dan juga fosfor yang ada di dalamnya. Selain dari kandungan tersebut dau katuk juga mengandung zat efedrin yang bisa meringankan gejala influenza.

Demikianlah beberapa khasiat daun katuk yang familiar di kalangan masyarakat Indonesia. Masih banyak lagi manfaat dan khasiat lain dari daun katuk ini.

Memang benar daun katuk menyimpan sejuta manfaat yang baik untuk tubuh, tapi kamu harus selalu memperhatikan efekitivitas dan keamaan dari daun katuk ini. Karena banyak juga penelitian yang mengatakan kalau riset daun katuk ini masih perlu dikaji ulang lagi.

Kamu bisa menemui tanaman katuk ini di banyak daerah di Indonesia. Tananman ini memiliki pohon yang tinggi dan juga cabang – cabang yang lunak. Selain untuk kesehatan khasiat daun katuk juga bermanfaat untuk kecantikan. Karena bisa bisa memilihara kesehatan dan kecantikan pada kulit dan wajah kamu. Semoga artikel ini bermnfaat untuk semua, terima kasih.