Simak Fakta Tentang Panas Dalam Dan Cara Pengobatannya!

Selain masuk angin kondisi yang satu ini pasti pernah dialami siapa saja. Panas dalam memang bisa menyerang usia berapapun tanpa pandang kasta. Tetapi sebenarnya panas dalam itu penyakit atau bukan? Bagaimana cara pengobatannya? Jangan khawatir mari cari tahu Fakta Tentang Panas Dalam berikut ini.

Fakta Tentang Panas Dalam Yang Harus Kamu Ketahui :

Panas dalam adalah istilah yang sering untuk menggambarkan berbagai keluhan seperti sariawan, sakit tenggorokan serta bibir pecah-pecah. Tetapi dalam dunia mpo88 kedokteran ternyata panas dalam bukanlah penyakit. Dunia medis menyebutkan bahwa panas dalam merupakan kumpulan gejala dari berbagai penyakit. Untuk mengetahui Fakta Tentang Panas Dalam pada dunia medis simak ulasannya berikut.

  1. Terjadi Akibat Serangan Virus Atau Bakteri

Sakit tenggorokan atau faringitis dalam dunia medis adalah kondisi yang terjadi akibat pembengkakan faring atau bagian belakang pada tenggorokan. Sakit tenggorokan atau panas dalam kebanyakan di sebabkan oleh pilek, flu dan virus coxsackie. Beberapa kasus juga ditemukan jika panas dalam bisa terjadi akibat serangan bakteri  Streptococcus.

Jadi kesimpulannya panas dalam bukan terjadi akibat makanan yang kamu konsumsi. Karena penelitian ilmiah belum ada yang mengarah ke situ. Tetapi jika makanan tertentu bisa memperburuk kondisi panas dalam itu benar adanya. Misalnya saja makanan yang tidak higenis atau kurang bersih sehingga terpapar bakteri atau virus di dalamnya.

2. Sebagai Penanda Biasanya Muncul Beberapa Gejala 

Gejala panas dalam terkadang bisa juga muncul karena ketidakseimbangan hormon. Tetapi secara umum gejala yang sering dialami masyarakat sebagai berikut:

  • Gangguan pada pencernaan, seperti ambeien, diare dan juga sembelit.
  • Gangguan pada mulut, biasanya seperti bau mulut, bibir pecah-pecah dan sariawan.
  • Gangguan pada tenggorokan, seperti tenggorokan terasa kering, sakit, dan batuk.

Beberapa Cara Meredakan Panas Dalam :

Tidak ada yang tahan jika lama-lama merasakan gejala panas dalam. Makan, minum, tidur sampai bekerjapun tidak ada yang merasa nyaman. Nah, kalau sudah begini haruslah segera di obati atau diredakan. Berikut ini beberapa cara meredakan panas dalam yang bisa dicoba.

  1. Mengkonsumsi Makanan Yang Kaya Air

Pertama kamu bisa mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak air. Buah-buahan seperti semangka melon atau strawberry bisa menjadi pilihannya. Olahan lain seperti salad atau smoothie dengan campuran yogurt bisa kamu coba. Mentimun atau seledri juga bisa menjadi alternatif pilihan lain.

2. Mengkonsumsi Air Kelapa

Air kelapa dikenal mengandung banyak elektrolit, mineral dan juga vitamin. Ketika tubuh mengalami panas dalam akan merasa dehidrasi dan kehilagan energi. Konsumsi air kelapa bisa membantu memulihkan kondisi tersebut.

3. Lidah Buaya

Lidah buaya bisa juga membantu meredakan gejala panas dalam karena kandungan airnya yang banyak. Kamu bisa mengolah sendiri dengan membersihkan lendirnya kemudian di rebus dengan gula. Atau bisa juga dengan mengoleskan gel lidah buaya yang dingin ke kulit. Fungsi gel ini akan menurunkan panas yang timbul akibat panas dalam itu sendiri.

4. Peppermint

Kandungan mentol yang tinggi pada peppermint akan menimbulkan efek dingin. Kamu bisa membuat teh dengan campuran peppermint. Teh hangat dengan bantuan peppermint akan membuat tubuhmu tambah panas. Namun kemudian tubuhmu akan berkeringat dan menjadi dingin perlahan. Rasa tidak enak pada tubuh memang bisa membuat kegiatan apapun terasa tidak nyaman. Hal itu juga berlaku saat kamu mengalami panas dalam bukan? Nah setelah kamu tahu fakta tentang panas dalam sudah jelaskan harus apa jika terserang? Demikian ulasan menarik dalam artikel ini semoga bermanfaat dan bisa membantu.