TEKANAN DARAH DIASTOLIK

Yang dimaksud dengan tekanan darah diastolik adalah tekanan yang terjadi pada dinding pembuluh darah di jantung dalam kondisi istirahat. Dalam pengukuran tekanan darah ini kamu akan menemui dua angka yaitu angka tekanan sistolik dan juga diastolik.

Dari kedua angka diatas angka diastolic yang kedua merupakan angka yang terendah dari angka sistolik.  Tekanan darah diastolik dapat di sebabkan oleh beberapa faktor yang berdeda – beda. Penangannya pun juga sangat berdeda.

Mitos Tentang Tekanan Darah Diastolik

Berbagai macam mitos tentang tekanan darah atau hipertensi yang biasa dianggap benar oleh banyak masyarakat Indonesia saat ini. Berikut ini beberapa mitos tentang tekanan darah diastolik yang perlu kamu ketahui :

1. Bukan Penyakit Yang Berbahaya

Penyakit ini dianggap tidak berbahaya karena tidak menunjukan gejala awal. Tapi faktanya penyakit hipertensi ini bisa sangat berbahaya karena bisa merusak pembuluh darah dan organ lainnya bila tidak ditangani.

Organ yang biasa diserang bisanya adalah otak, jantung, mata dan juga ginjal. Bila hipertensi ini tak terkontrol bisa menyebabkan penyakit yang berbahaya seperti penyakit jantung, gagal jantung, stroke dann juga gagal ginjal.

2. Tidak Dapat Dicegah

Tekanan darah tinggi ini bisa jadi karena faktor keturunan atau faktor genetic. Yang artinya seseorang bisa lebih beresiko mpo88 terkena hipertensi ini bila memilki orang tua yang memiliki riwayat hipertensi. Biasanya ini bisa menjangkiti orang tua yang jarang olah raga dan juga terkena obesitas.

Kamu bisa mencegah hipertensi ini dengan menjalani pola hidup sehat dengan berolahraga secara rutin, mengurangi konsumsi garam, berhenti merokok dan juga tidak mengonsumsi minuman yang mengandung alcohol.

3. Obat Hipertensi Tidak Bisa Untuk Menyembuhkan

Ada banyak masyarakat yang beranggapan kalau tekanan darah diastolic ini tidak bisa di sembuhkan. Hingga banyak yang sudah terkena hipertensi tidak menjalani pengobatan. Semua itu tidak benar karena pengobatan atau obat dari dokter ini sangatlah penting bagi penderita tekanan darah tinggi.

Pengobatan ini bertujuan untuk menurunkan dan menyetabilkan tekanan darah dalam tubuh penderita agar tidak menimbulkan komplikasi penyakit lain. Oleh sebab itu dokter akan meresepkan obat untuk menurunkan tekanan darah.

4. Garam Laut Lebih Sehat Untuk Penderita Hipertensi

Bagi para penderita hipertensi baiknya menganti konsumsi garam meja dengan garam laut atau sea salt. Karena banyak yang beranggapan garam laut atau sea salt ini lebih menyehatkan untuk penderita hipertensi. Tapi ini adalah anggapan yang salah karena kedua garam ini memiliki kandungan batrium yang sama, dan bisa meninggkatkan tekanan darah bila dikonsumsi berlebihan.

Demikian mitos tentang tekanan darah diastolik yang kerap sekali masyarakat percayai. Untuk lebih detail tentang penanganan dan juga obat kamu sebainya konsultasi saja dengan dokter. Kamu juga bisa mengontrol tekanan darah dengan menjaga berat badan dengan berolahraga dengan teratur.

Mengkonsumsi makanan yanh sehat seperti sayur dan juga buah – buahan. Berhenti merokok dan juga minum – minuman beralkohol. Mengurangi konsumsi makanan yang memiliki kandungan tinggi garam, lemak dan juga gula.

Jangan terlalu stress karena bisa menaikan tekanan darah. Kalau perlu konsumsi obat untuk menurunkan tekanan darah yang telah diresepkan oleh dokter. Kamu harus terus mengecek kesehatan secara rutin untuk memantau kondisi tubuh dan juga memonitor jumlah angka tekanan darah. Semoga mitos dan juga tips mengenai tekanan darah diastolik ini bermanfaat.