Kenali Gejala Vertigo Agar Tidak Berubah Berbahaya

Vertigo merupakan gejala berbahaya yang muncul ditandai dengan merasa seolah ruangan tempat berpijak jadi berputar. Orang yang mpo88 mengalami vertigo merasakan pusing yang parah. Jika dibiarkan penyakit dapat bertambah parah sehingga perlu untuk segera diobati dan kenali gejala vertigo.

Dilansir dari Kontan, vertigo merupakan penyakit yang bisa mengindikasikan adanya masalah pada keseimbangan tubuh. Salah satu penyebab vertigo yang paling umum berupa BPPV (Benign Paroxysmal Positional Vertigo). Penyakit tersebut terjadi ketika terjadi penumpukan kalsium di area saluran pendengaran.

Kenali Gejala Vertigo

Anda yang sering mengalami pusing berputar-putar harus waspada. Ditambah lagi bila Anda kerap merasakan dan sekali kambuh dapat berlangsung lebih dari 2 hari. Mari kita simak mengenai apa saja dari gejala penyakit vertigo sebagai berikut.

  1. Telinga Berdengung

Orang yang mengalami vertigo sering dimulai dengan tanda-tanda kuping berdengung. Bunyi dengung muncul dan disertai rasa sakit. Bahkan dalam beberapa kasus orang yang mengalami kuping berdengung sampai merasa terganggu aktivitasnya.

Apabila Anda sering mengalami kuping berdengung segera periksa ke dokter. Kuping berdengung tidak akan terjadi pada orang sehat sehingga Anda perlu waspada tiap kali kuping berdengung kambuh.

  • Tubuh Berkeringat

Anda tidak kepanasan dan tidak habis olahraga. Namun badan Anda mengeluarkan keringat dalam jumlah tidak wajar, terutama di bagian dada, kening, dan leher. Tubuh berkeringat banyak juga bisa menjadi salah satu pertanda vertigo.

Vertigo dapat memacu terjadinya kepanikan pada tubuh sehingga memacu produksi keringat lebih banyak. Jika tubuh sudah mulai mengeluarkan keringat cobalah untuk menggunakan antiprespiran. Kemudian bergegas untuk pergi ke dokter guna mendapatkan penanganan lebih lanjut.

  • Kepala Berat dan Mirip Mabuk Perjalanan

Tanda-tanda berikutnya dari penyakit vertigo adalah orang yang mengalaminya akan merasa kepala berat. Bahkan mereka juga merasakan mual ingin muntah seolah mengalami mabuk perjalanan. Terkadang ketika gejala kepala berat sudah muncul maka akan disertai dengan badan rasanya seperti ingin jatuh. Penanganan yang terlambat dapat membuat orang vertigo pingsan.

  • Demam

Pada beberapa orang yang mengalami vertigo juga sering muncul gejala demam. Demi bisa mengetahui terjadi peningkatan suhu tubuh atau tidak, disarankan setiap rumah memiliki thermometer suhu tubuh. Segera gunakan thermometer setiap kali Anda mencurigai suhu tubuh tidak dalam keadaan normal. Segeralah pergi ke dokter bila anggota keluarga atau diri sendiri mengalami vertigo dengan gejala sampai demam.

  • Kehilangan Pendengaran

Gejala yang menjadi pertanda vertigo parah adalah yang berkaitan dengan saluran pendengaran. Gejala tersebut muncul dan membuat orang yang mengalami vertigo kehilangan pendengaran. Seringkali gangguan ini dimulai dengan telinga berdenging dan terasa penuh.

Kemudian barulah masuk tahapan kehilangan pendengaran sesaat bila tidak ditangani. Apabila tidak disertai dengan tanda-tanda lain pada vertigo pun tetap disarankan untuk segera berkonsultasi ke dokter. Orang yang juga sudah sampai ke tahapan kehilangan pendengaran sementara dan kepala berat juga disarankan memperbanyak istirahat.

  • Gerakan Bola Mata Tidak Normal

Salah satu ciri paling spesifik dari vertigo adalah merasa pusing seolah tempat berpijak berputar. Ternyata hal ini juga bisa diiringi dengan gerakan bola mata tidak normal. Gerakan bola mata yang tidak normal itulah yang juga bisa memacu rasa mual ingin muntah seperti sedang mabuk perjalanan. Anda sudah membaca ulasan kenali gejala vertigo. Kini Anda bisa segera bertindak setiap kali gejala sudah terjadi pada diri sendiri maupun orang yang berada di sekitar kita. Pastikan untuk segera datang ke dokter setiap kali gejala-gejala tadi sudah terjadi dan perbanyak istirahat.

Sumber :

https://kesehatan.kontan.co.id/news/inilah-5-ciri-ciri-vertigo-yang-tak-boleh-anda-abaikan

https://www.orami.co.id/magazine/gejala-vertigo/

https://ilovelife.co.id/blog/kenali-5-tanda-terkena-vertigo-dan-simak-cara-efektif-mengobatinya/